Sikap, harapan, dan persepsi siswa pada Matematika serta implikasinya terhadap kemampuan regulasi diri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kusaeri, Kusaeri and Cahyan, Ekky Dea Henwi (2016) Sikap, harapan, dan persepsi siswa pada Matematika serta implikasinya terhadap kemampuan regulasi diri. Jurnal Pengajaran MIPA, 21 (2). pp. 114-121. ISSN 14120917

[img] Text
Kusaeri_Sikap, Harapan, dan Persepsi siswa terhadap Matematika.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini, kami menyusun sebuah model teoritis dan juga menguji secara empiris hubungan antara sikap, harapan, dan persepsi terhadap matematika dengan kemampuan regulasi diri siswa. Data sikap, harapan, persepsi, dan kemampuan regulasi diri siswa diperoleh melalui angket kepada 104 siswa kelas 8 di salah satu SMP Negeri di Surabaya Barat. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) melalui software Lisrel versi 9.2 untuk menentukan hubungan antara variabel-variabel yang diuji. Pemodelan teoritis menunjukkan bahwa harapan dan persepsi berpengaruh langsung pada kemampuan regulasi diri siswa sementara sikap berperan sebagai variabel antara. Nilai kontribusi masing-masing variabel menunjukkan perbedaan tingkat keterkaitan. Hasil uji empiris menunjukkan bahwa sikap dan persepsi berpengaruh secara langsung pada kemampuan regulasi diri siswa, sedangkan harapan tidak berpengaruh langsung. Hubungan antara harapan dan persepsi dengan sikap siswa terhadap matematika dite-gaskan dalam hasil pengujian empiris yang dengan jelas menunjukkan bahwa harapan dan persepsi berkon-tribusi terhadap sikap siswa terhadap matematika.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Cahyan, Ekky Dea HenwiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Sikap; harapan; perception; regulasi diri dalam belajar; pembelajaran matematika;
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Jurnal
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:19
Last Modified: 05 Jul 2019 06:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28551

Actions (login required)

View Item View Item