Penerapan strategi pembelajaran Index Card Match untuk meningkatkan pemahaman konsep materi Bangun Ruang mata pelajaran Matematika pada siswa Kelas VB MI Darul Hidayah Sudimoro Sidoarjo

Habib, Muhammad Hayyi (2018) Penerapan strategi pembelajaran Index Card Match untuk meningkatkan pemahaman konsep materi Bangun Ruang mata pelajaran Matematika pada siswa Kelas VB MI Darul Hidayah Sudimoro Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhammad Hayyi Habib_D77214068.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang mata pelajaran matematika. Persentase ketuntasan siswa hanya sebesar 32% (kurang). Hal tersebut terjadi karena siswa menganggap pembelajaran matematika adalah sesuatu yang sulit. Selain itu pembelajaran juga lebih banyak menggunakan metode ceramah yang mengakibatkan siswa menjadi pasif dalam pembelajaran. Menanggapi hal tesebut, maka diperlukan penerapan strategi index card match untuk meningkatkan pemahaman konsep materi bangun ruang mata pelajaran matematika pada siswa kelas VB MI Darul Hidayah Sudimoro Sidoarjo. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran index card match pada konsep materi bangun ruang mata pelajaran matematika pada siswa kelas VB MI Darul Hidayah Sudimoro? 2) Bagaimana peningkatan pemahaman konsep materi bangun ruang mata pelajaran matematika pada siswa kelas VB MI Darul Hidayah Sudimoro setelah digunakan strategi pembelajaran index card match? Penelitian tindakan kelas (PTK) ini menggunakan model penelitian Kurt Lewin. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB MI Darul Hidayah Sudimoro yang terdiri dari 25 siswa. Hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa: 1) Penerapan strategi pembelajaran index card match dapat meningkatkan aktifitas guru dan siswa. Aktivitas guru pada siklus I 80,3 (Baik) meningkat menjadi 88,3 (Baik) pada siklus II. Aktivitas siswa pada siklus I 75 (Cukup) meningkat menjadi 80,6 (Baik) pada siklus II. 2) Peningkatan pemahaman konsep materi bangun ruang setelah menerapkan strategi pembelajaran index card match dapat diketahui berdasarkan nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasannya. Nilai rata-rata siklus I 74,2 (Cukup) kemudian meningkat menjadi 83,8 (Baik) pada siklus II. Persentase ketuntasan di siklus I 60% di siklus II meningkat menjadi 88%.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Rusydiyah, Evi Fatimatur
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran; index card match; pemahaman konsep; bangun ruang
Subjects: Matematika
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan Materi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Habib Muhammad Hayyi
Date Deposited: 15 Nov 2018 04:14
Last Modified: 15 Nov 2018 04:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28549

Actions (login required)

View Item View Item