Dakwah melalui radio Pondok Pesantren Sunan Drajat: eksistensi radio Persada FM sebagai media dakwah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Huda, Muly Ainil (2018) Dakwah melalui radio Pondok Pesantren Sunan Drajat: eksistensi radio Persada FM sebagai media dakwah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muly Ainil Huda_B01212045.pdf

Download (9MB)

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana eksistensi Radio PERSADA sebagai media dakwah. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui secara deskriptif dan jelas tentang eksistensi radio PERSADA 97,2 FM sebagai media dakwah yang selama ini dimiliki oleh Pondok Pesantren sunan Drajat Lamongan, agar memberikan kemaslahatan untuk civitas akademik dan santri, serta masyarakat. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, maka peneliti melakukan pengkajian dengan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Data penelitian yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif bersifat induktif dengan teknik yang dilakukan oleh Miles dan Huberman. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Radio PERSADA 97.2 FM Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan sebagai media dakwah yang tetap eksis dikarenakan ada beberapa motif penunjang. Diantaranya. Faktor iklan, keanekaragaman program dan bentuk penyampaian pesan dakwah juga memiliki ciri khas yaitu menggunakan metode ceramah dengan menggunakan kitab kuning “Ihya’ Ulumuddin” sebagai materinya. Selain itu, ceramah yang disampaikan menggunakan bahasa Jawa dan bahasa Indonesia dengan tidak menanggalkan konteks budaya lokal mayarakat. Sehingga kitab yang dibacakan dan dijelaskan dapat mudah dipahami oleh masyarakat luas. Di samping itu, motif utama yang tidak kalah penting dalam penunjang Radio PERSADA 97,2 FM tetap eksis adalah ketokohan penceramah yang dinilai masyarakat memiliki kredibilitas dan kharismatik yang tinggi. Penelitian ini membahas fokus mengenai eksistensi Radio PERSADA sebagai media dakwah yang dimiliki oleh Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan. Oleh sebab itu diharapkan untuk peneliti selanjutnya, melakukan penelitian mengenai strategi Radio PERSADA 97,2 FM sebagai media dakwah yang terus eksis di tengah arus perkembangan zaman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Huda, Muly Ainilhuda.hm320@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Radio - Penyiaran
Keywords: Eksistensi; Media Dakwah; Radio Persada FM; Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Huda Muly Ainil
Date Deposited: 14 Nov 2018 04:29
Last Modified: 14 Nov 2018 04:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28544

Actions (login required)

View Item View Item