Relevansi nilai pendidikan karakter Gus Miek dalam buku Suluk Jalan Terabas Gus Miek karya M. Nurul Ibad dengan tujuan Pendidikan Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ibrahim, Ibrahim (2018) Relevansi nilai pendidikan karakter Gus Miek dalam buku Suluk Jalan Terabas Gus Miek karya M. Nurul Ibad dengan tujuan Pendidikan Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ibrahim_D71211120.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah bagian yang tidak terpisahkan dari hidup dan kehidupan manusia, pendidikan adalah salah satu kebutuhan vital manusia, dapat sebagai fungsi sosial, sebagai bimbingan, sarana pertumbuhan untuk mempersiapkan dan membukakan serta membentuk disiplin hidup. Ini adalah isyarat bahwa setiap komunitas manusia pasti membutuhkan adanya sebuah pendidikan. Islam dalam dimensi sosialnya, dapat dikatakan mempunyai karakteristik tersendiri (unik) dibandingkan dengan agama dan peradaban lainnya. Islam mendefinisikan agama sebagai masalah kehidupan itu sendiri. Masalah kehidupan sosial, kenegaraan, maupun masalah-masalah interaksi antara manusia dengan alam yang pada gilirannya dinyatakan oleh Islam sebagai sebuah bagian dari agama itu sendiri. Semua itu adalah ketaqwaan dan kebajikan bila dikerjakan dengan baik, dan sebaliknya bersifat kemungkaran dan kebathilan jika dikerjakan dengan kurang baik. Namun, dewasa ini pendidikan mengalami kemunduran dalam pelaksanaannya, banyak problem pendidikan yang bermunculan salah satunya adalah mengenai karakter peserta didik. Permasalahan kedisiplinan dan moral peserta didik sering kali menjadi permasalahan yang berkelanjutan yang tiada berkesudahan. Padahal tujuan pendidikan adalah menjadikan peserta didik menjadi insan kamil. Oleh sebab itu pendidikan karakter bisa menjadi alternatif dari permasalah-permasalahan di atas. Adapun yang menjadi fokus penelitian ini adalah bagaimana (1) Bagaimana nilai pendidikan karakter peduli sosial dalam buku suluk jalan terabas Gus Miek karya M. Nurul Ibad? (2) Bagaimana tujuan pendidikan Islam? (3) Bagaimana relevansi konsep pendidikan karakter peduli sosial dalam buku jalan terabas Gus Miek karya M. Nurul Ibad dengan tujuan pendidikan Islam? Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode “Library Reseach”, yaitu pemikiran yang didasarkan pada studi leteratur (pustaka). Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi. Kemudian, penelitian ini dibangun berdasarkan hubungan korelatif antar dua sumber data, yaitu data primer dan sekunder. Data primer dalam penelitian ini ialah novel mengembara mencari Tuhan karya syaikh Nadhim al-Jisr dan data sekundernya berupa buku-buku tentang tauhid, filsafat dan sains yang relevan dengan objek permasalahan yang dikaji. Dalam pembahasan skripsi ini, tentu masih belum sempurna. Maka dari itu, diharapkan kepada para peneliti yang akan datang untuk mengadakan penelitian sejenis dengan skripsi ini dengan pembahasan yang lebih fokus dan sempurna.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ibrahim, Ibrahimace.ibra55@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Nilai pendidikan karakter; peduli sosial; tujuan pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ibrahim Ibrahim
Date Deposited: 14 Nov 2018 06:32
Last Modified: 14 Nov 2018 06:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28540

Actions (login required)

View Item View Item