Manajemen kurikulum international baccalaureate di Madrasah Ibtidaiyah Muslimat Nahdlatul Ulama Pucang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oktasari, Nailil Ghoniyah (2018) Manajemen kurikulum international baccalaureate di Madrasah Ibtidaiyah Muslimat Nahdlatul Ulama Pucang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nailil Ghoniyah Oktasari_D03214012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Proses pendidikan di sekolah memiliki peranan yang sangat penting agar tujuan pendidikan dapat tercapai secara efektif dan efisien, karena bagaimana pun sekolah merupakan suatu sistem yang di dalamnya melibatkan berbagai komponen atau sejumlah kegiatan yang perlu dikelola dengan baik dan tertib, yang biasa kita kenal dengan istilah manajemen pendidikan. Dalam pembahasan ini, peneliti mengambil salah satu ruang lingkup dari manajemen pendidikan yang memiliki peranan penting dalam manajemen sekolah yaitu manajemen kurikulum. Banyak sekolah Negeri maupun Swasta melakukan perubahan pada kurikulumnya dengan mengadopsi kurikulum Internasional yang disebut dengan kurikulum adaptif. Salah satu kurikulum Internasional yang sedang ramai diadopsi adalah kurikulum International Baccalaureate (IB). Contoh sekolah yang dijadikan objek peneliti dalam penelitian ini adalah Madrasah Ibtidaiyah Muslimat Nahdlatul Ulama Pucang Sidoarjo dengan fokus penelitian untuk mengetahui manajemen kurikulum (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi) serta dampak dari kurikulum International Baccalaureate (IB) terhadap aktivitas guru, peserta didik dan kemajuan Madrasah Ibtidaiyah Muslimat Nahdlatul Ulama Pucang Sidoarjo.Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode studi kepustakaan, observasi, dokumentasi dan wawancara. Untuk mengecek keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan metode triangulasi sumber.Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum International Baccalaureate di MI Muslimat NU Pucang Sidoarjo menggunakan perencanaan kalaboratif antara komunitas sekolah yaitu Kepala Madrasah, Koordinator IB-PYP, Wakil-wakil Kepala Madrasah, Guru, Staf, Orangtua dan Peserta Didik. Khususnya Koordinator IB-PYP dengan Guru Kelas (Wali Kelas) kelas 1 hingga kelas 5 mengadakan pertemuan untuk menentukan ide central dari kurikulum International Baccalaureate yaitu unit of inquiry (unit penyelidikan) dan menguraikan daftar topik yang terdiri dari enam tema transdisipliner yang akan menjadi materi pelaksanaan kurikulum tersebut. Berhasil atau tidaknya maka di akhir evaluasi kurikulumnya akan diadakan Exhibition (Pameran) dan hasilnya akan dilaporkan oleh Kepala Sekolah kepada Quality Assurance “Jaminan Kualitas” sebagai bukti dari kemajuan siswa dan juga melaporkan tentang kemajuan sekolah kepada pihak “Jaminan Mutu” dalam betuk dokumen Report of Cosultation Visit yang telah diperiksa oleh konsultan IB dari IB Center.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oktasari, Nailil Ghoniyahnayah.oktasari@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Manajemen
Uncontrolled Keywords: Manajemen kurikulum; international baccalaureate
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Oktasari Nailil Ghoniyah
Date Deposited: 13 Nov 2018 02:00
Last Modified: 13 Nov 2018 02:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28533

Actions (login required)

View Item View Item