Manajemen Kesiswaan dalam Sekolah Inklusi di SDN Mentikan 1 Kota Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yusuf Alimi, Achmad (2018) Manajemen Kesiswaan dalam Sekolah Inklusi di SDN Mentikan 1 Kota Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Achmad Yusuf Alimi_D93214067.pdf

Download (952kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kesiswaan dan efektifitas manajemen kesiswaan yang ada di sekolah inklusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian meliputi kepala sekolah, koordinator inklusi, guru pendamping khusus, dan psikolog. Hasil penelitian menunjukkan manajemen kesiswaan pendidikan inklusi di sekolah terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pembinaan, pengawasan, dan evaluasi. Pada perencanaan penerimaan peserta didik baru di sekolah dalam satu rombel maksimal empat anak siswa ABK. Dan sekolah mendahulukan penerimaan siswa ABK yang ada di wilayah sekitar sekolah tersebut. Pada pengorganisasian, sekolah melaksanakan proses rekrutmen/penerimaan, seleksi, orientasi,dan penempatan. Dalam pelaksanaannya, antara siswa pada umumnya dengan siswa berkebutuhan khusus diberikan perlakuan yang sama dan pada penempatan siswa berkebutuhan khusus di temptkan pada tempat duduk yang berada dibarisan paling depan agar lebih mudah dalam memberikan pembinaan, ada yang juga yang menempatkan peserta didik secara acak agar siswa ABK tidak merasa jenuh. Pada pembinaan sekolah ada pembinaan secara kurikuler dan ekstra kurikule, pada pelaksanaannya antara siswa reguler dan siswa berkebutuhan khusus pada umumnya sama namu pada siswa berkebutuhan khusus ada pembinaan yang didampingi oleh guru pembimbing khusus. Pada pengawasan, sekolah melakukan pencatatan dan pelaporan serta absensi, dalam pelaksanaannya antara siswa berkebutuhan khusus dan siswa reguler diperlakukan sama, hanya saja pencatatatan mulai dari diterima hingga meninggalkan sekolah atau tamat. Pencatatan yang ada diantaranya mengenai hasil belajar siswa, perilaku siswa semua tercatat oleh gurunya. Pada evaluasi sekolah memberikan hasil belajar siswa rapot dan bagi siswa berkebutuhan khusus ada rapot khusus yang bernama rapot narasi. Evektivtas adalah mengkur hasil tercapainya suatu tujuan. Dalam sekolah ini efektivitas berjalan efektif karena dalam pelaksanaannya sekolah dapat membuat output atau lulusan dengan bisa diterima di sekolah negeri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yusuf Alimi, Achmadachyusuf5@hotmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Manajemen; Sekolah Inklusi; Manajemen Kesiswaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Alimi Achmad Yusuf
Date Deposited: 12 Nov 2018 03:49
Last Modified: 12 Nov 2018 03:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28502

Actions (login required)

View Item View Item