Analisis pengaruh disposable income dan tingkat religiusitas terhadap minat menabung ibu-ibu majelis taklim Al-Hidayah di perbankan syariah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rialdy, Muhammad Arief (2018) Analisis pengaruh disposable income dan tingkat religiusitas terhadap minat menabung ibu-ibu majelis taklim Al-Hidayah di perbankan syariah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Arief Rialdy_G74214053.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Pengaruh Disposable Income dan Tingkat Religiusitas terhadap Minat Menabung Ibu-ibu Majelis Takim Al-Hidayah Perumahan Pondok Jati Sidoarjo di Perbankan Syariah” merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh secara parsial dan simultan antara Disposable Income dan Tingkat Religiusitas terhadap Minat Menabung ibu-ibu Majelis Taklim Al-Hidayah Perumahan Pondok Jati Sidoarjo di Perbankan Syariah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dimaksudkan sebagai penelitian yang menekankan pada pembuktian hipotesis yang disusun dari rumusan masalah yang dikemukakan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Random Sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dengan sampel sebanyak 113 responden di Majlis Taklim Al-Hidayah Perumahan Pondok Jati Sidoarjo. Untuk menganalisis menggunakan suatu alat analisis yaitu SPSS Ver. 24.0. Metode analisis menggunakan uji asumsi klasik, uji validitas dan reliabilitas, uji hipotesis, uji regresu linear berganda, dan uji koefisien determinan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa secara parsial tidak terdapat pengaruh disposable income terhadap minat menabung Ibu-ibu Majelis Taklim Al-Hidayah di perbankan Syariah karena t hitung < t tabel yaitu 1,485 < 1,981 dan nilai Sig. > 0,05 yaitu 0,140 > 0,05. Sedangkan variabel tingkat religiusitas berpengaruh signifikan secara parsial terhadap minat menabung Ibu-ibu Majelis Taklim Al-Hidayah di perbankan Syariah karena nilai t hitung > t tabel 3,333 > 1,981 dan nilai Sig. < 0,05 yaitu 0,001 < 0,05. Pada uji simultan, hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan secara simultan disposable income dan tingkat religiusitas terhadap minat menabung Ibu-ibu Majelis Taklim Al-Hidayah Perumahan Pondok Jati Sidoarjo di Perbankan Syariah karena nilai F hitung > F tabel yaitu 11,596 > 3,07 dan nilai Sig. 0,000 > 0,05.Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan kepada Bank Syariah ataupun Lembaga meningkatkan sosialisasi perbankan Syariah dengan mengenalkan produk-produk, prinsip-prinsip dasar dan keunggulan perbankan Syariah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rialdy, Muhammad Ariefariefrialdy95@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank Islam
Ekonomi Islam
Islam dan Ilmu Pengetahuan
Uncontrolled Keywords: Disposable income; tingkat religiusitas; minat menabung
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rialdy Muhammad Arief
Date Deposited: 09 Nov 2018 03:16
Last Modified: 09 Nov 2018 03:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28501

Actions (login required)

View Item View Item