Pengaruh pelaksanaan Full Day School terhadap pembentukan karakter siswa di MI Tarbiyatul Islamiyah Panjunan Sukodono Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alifuddin, Moh. (2018) Pengaruh pelaksanaan Full Day School terhadap pembentukan karakter siswa di MI Tarbiyatul Islamiyah Panjunan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Moh. Alifuddin_D703214010.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengangkat tema tentang pengaruh pelaksanaan full day school terhadap pembentukan karakter siswa di MI Tarbiyatul Islamiyah Panjunan Sukodono Kabupaten sidoarjo. Hal tersebut dilatar belakangi dengan berkembang pesatnya sistem pendidikan yang menerapkan full day school sebagai bentuk alternatif sekolah dalam upaya membentuk karakter siswa yang semakin hari semakin tidak berkarakter. Sebagai upaya untuk menjawab masalah tersebut maka dilakukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya dan seberapa besar pengaruh full day school terhadap pembentukan karakter siswa di MI Tarbiyatul Islamiyah Panjunan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan meliputi metode observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V. Terdapat dua variabel penelitian yaitu Full day school sebagai variabel X atau variabel bebas dan variabel yang kedua yaitu Pembentukan Karakter sebagai variabel Y atau veriabel terikat. Adapun teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis korelasi prosentase dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan sistem full day school di MI Tarbiyatul Islamiyah disimpulkan tergolong “Baik” dengan prosentase sebesar 89,4%. yang telah dicocokan dengan prosedur standar penelitian. (2) pembentukan karakter siswa di MI Tarbiyatul Islamiyah disimpulkan tergolong “Baik” dengan prosentase sebesar 88,3 %. yang telah dicocokkan dengan prosedur standar penelitian. (3) Hasil analisis menunjukkan Terdapat hubungan yang signifikan antara pelaksanaan full day school terhadap pembentukan karakter siswa di MI Tarbiyatul Islamiyah Panjunan Sukodono Kabupaten Sidoarjo dengan Berdasarkan nilai signifikansi : dari tabel coeffisients diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel FDS (X) berpengaruh terhadap variabel PK (Y). Berdasarkan nilai t : diketahui nilai thitung sebesar 4,839 > 2,028, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel FDS (X) berpengaruh terhadap variabel Pembentukan Karakter (Y).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alifuddin, Moh.aleefuddin21@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Uncontrolled Keywords: Full Day School; Karakter; MI Tarbiyatul Islamiyah Panjunan Sukodono Kabupaten Sidoarjo
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Alifuddin Moh.
Date Deposited: 13 Nov 2018 02:06
Last Modified: 13 Nov 2018 02:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28484

Actions (login required)

View Item View Item