Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam pengelolaan program peningkatan mutu di SMP Ta’miriyah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Said, Sania Nur (2018) Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam pengelolaan program peningkatan mutu di SMP Ta’miriyah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sania Nur Said_D03214015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Program Peningkatan Mutu di SMP Ta’miriyah Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah mengenai peran kepemimpinan kepala sekolah dalam pengelolaan program peningkatan mutu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Peneliti mendalami fenomena-fenomena yang terjadi di lapangan, kemudian menggambarkan dalam bentuk kata-kata dan kalimat. Metode yang digunakan peneliti dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari lapangan menyebutkan bahwa Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Program Peningkatan Mutu di SMP Ta’miriyah Surabaya sebagai supervisior sudah berjalan dengan baik, yang mana kepala SMP Ta’miriyah selalu memonitoring keseluruhan, selama kegiatan program peningkatan mutu berlangsung. Kepala SMP Ta’miriyah menggunakan 3 kecerdasannya untuk menjalankan perannya sebagai kepala sekolah, yaitu dengan kecerdasan profesional, kecerdasan personal, dan kecerdasan manajerial. Kepemimpinan kepala sekolah di SMP Ta’miriyah tergolong tipe demokratis. Yang mana kepala sekolah selalu minta pendapat bahawannya terlebih dahulu untuk mengambil suatu keputusan. Dalam menjalankan kepemimpinannya, kepala sekolah melaksanakan tugas dan fungsinya dengan semaksimal mungkin agar peningkatan mutu di SMP Ta’miriyah tercapai sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Pengelolaan program peningkatan mutu SMP Ta’miriyah dilaksanakan oleh semua komponen sekolah, baik pendidik maupun tenaga kependidikan yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Semua kegiatan yang ada merupakan program peningkatan mutu. Akan tetapi yang lebih spesifiknya ada 2 yaitu dari sisi akademik, dan dari sisi non akademik. Peningkatan mutu dari sisi akademik diukur dari hasil nilai prestasi peserta didik. Adapun program kegiatan untuk mendapatkan hasil yang maksimal yaitu dengan diadakannya bimbingan belajar. Peningkatan mutu dari sisi non akademik yaitu terkait dengan kegiatan pengembangan karakter peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Said, Sania Nurtsania.said@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Kepemimpinan
Keywords: kepemimpinan; kepala sekolah; Peningkatan mutu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Said Sania Nur
Date Deposited: 09 Nov 2018 07:44
Last Modified: 09 Nov 2018 08:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28480

Actions (login required)

View Item View Item