Kepemimpinan Kiai dalam pengelolaan enterpreneurship: studi di Pondok Pesantren Darul Falah Pusat Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Atika, Nur (2018) Kepemimpinan Kiai dalam pengelolaan enterpreneurship: studi di Pondok Pesantren Darul Falah Pusat Sidoarjo. Engd thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nur Atika_D03214014.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Kepemimpinan Kiai dalam Pengelolaan Enterpreneurship (Studi di Pondok Pesantren Darul Falah Pusat Sidoarjo).Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenaiKepemimpinan Kiai dalam Pengelolaan Enterpreneurship. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Peneliti mendalami fenomena-fenomena yang terjadi dilapangan kemudian menggambarkan dalam bentuk kata-kata dan kalimat. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian yang diperoleh dari lapangan menyebutkan bahwa Kepemimpinan Kiai dalam Pengelolaan Enterpreneurship di Pondok Pesantren Darul Falah Pusat Sidoarjo seluruhnya dipercayakan kepada santrinya, Kiai berperan sebagai pimpinan, manajer, supervisor, serta fasilitator bagi santri yang mengelola usaha pesantren. Tahapan dalam pengelolaan enterpreneurship yakni perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, pimpinan melibatkan santrinya dalam mengambil keputusan ketika ditemukan sebuah potensi untuk membuka unit usaha. Kemudian dalam pengorganisasiannya pimpinan memilih santri yang dianggap mampu mengembangkan usaha dan mengelola keuangan usaha yang dipegang oleh santri yang telah ditugaskan. Dalam hal pelaksanaan pimpinan mengadakan pembinaan kepada santrinya mengenai pengelolaan kewirausahaan, pengelola usaha juga melaksanakan tugasnya seperti mengelola keuangan dan menyediakan stok barang, Dalam hal evaluasi, pimpinan hanya mengawasi perkembangan usaha melalui pendapatan pengelola setiap bulannya. Faktor yang mendukung yakni jiwa sebagai santri yang harus taat kepada kiainya, karena dengan ketaatan santrinya kiai merasa mendapatkan dukungan, sedangkan faktor penghambat yakni naik turunnya keadaan di pasar, menemukan suplier yang murah untuk memasok barang dagangan mereka, serta tempat pembelanjaan yang lumayan jauh, penetapan harga yang sesuai agar tidak merugikan pedagang lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Engd)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Atika, Nurnuratikahbejancity@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Keywords: Kepemimpinan Kiai; Pengelolaan; Enterpreneurship
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Atika Nur
Date Deposited: 09 Nov 2018 07:58
Last Modified: 09 Nov 2018 07:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28477

Actions (login required)

View Item View Item