Upaya bauran pemasaran dalam peningkatan kepuasan pelanggan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bondowoso

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amarullah, Deden Rahmat (2018) Upaya bauran pemasaran dalam peningkatan kepuasan pelanggan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Deden Rahmat Amarullah_D73214021.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya bauran pemasaran dalam peningkatan kepuasan pelanggan di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso meliputi, penerapan bauran pemasaran dan upaya bauran pemasaran dalam peningkatan kepuasan pelanggan di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kulitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah MAN Bondowoso, wakil kepala bidang kurikulum MAN Bondowoso, Wakil kepala bidang Sarana dan prasaran, wakil kepala bidang kesiswaan, wakil kepala bidang hubungan masyarakat, dan staff tata usaha MAN Bondowoso sebagai informan kunci serta orang tua siswa, dan para alumni sebagai informan pendukung. Objek penelitian ini adalah upaya bauran pemasaran dalam peningkatan kepuasan pelanggan di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan cara reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data diperoleh melalui triangulasi data, triangulasi metode, dan triangulasi sumber. Hasil peneltian menunjukan bahwa : (1) Untuk menunjang karakteristik dan klasifikasi jasa dari madrasah tersebut, maka penerapan bauran pemasaran pada madrasah digolongkan menjadi beberapa pembahasan yaitu strategi produk atau program jasa madrasah (termasuk proses dan pengembangan program atau produk), harga, sistem penyampaian jasa dan fasilitas fisik (sarana dan prasarana madrasah) dan komunikasi atau promosi pemasaran madrasah, serta strategi sumber daya manusia dan sistem pengelolaan. (2) Dari berbagai unsur pemasaran yang terdapat di madrasah yang berhubungan dengan dimensi kepuasan pelanggan yang dikemukakan oleh Pasuraman, seperti responsiveness (kesigapan) emphaty (Empati), tangible (Penampilan fisik penyedia jasa), reliability (Keandalan), dan assurance (Kepastian), dapat diambil kesimpulan bahwasanya orang tua siswa atau pelanggan pendidikan mengalami peningkatan kepuasan sejalan dengan perkembangan dari berbagai bidang atau aspek dalam madrasah tersebut. Terbukti dari jumlah siswa yang masuk ke madrasah ditiap tahun ajaran baru yang semakin meningkat dari tahun ketahun

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amarullah, Deden Rahmatdedenrahmat0205@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pemasaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Keywords: Bauran pemasaran; kepuasan pelanggan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Amarullah Deden Rahmat
Date Deposited: 12 Nov 2018 03:59
Last Modified: 12 Nov 2018 03:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28474

Actions (login required)

View Item View Item