Studi tingkat partisipasi masyarakat Kelurahan Jemur Wonosari dalam pengelolaan sampah pasca program green and clean

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amala, Nahawanda Ahsanu (2018) Studi tingkat partisipasi masyarakat Kelurahan Jemur Wonosari dalam pengelolaan sampah pasca program green and clean. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nahawanda Ahsanu Amala_H75214017.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan sampah banyak terjadi di kota-kota besar, seperti halnya Kota Suarbaya. Kelurahan Jemur Wonosari merupakan salah satu Kelurahan di Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya. Permasalahan persampahan juga terjadi dikelurahan ini. Kelurahan ini juga merupakan partisipan dalam program Surabaya Green and Clean (SGC). Saat program SGC dilakukan pengelolaan sampah dilakukan dengan baik, Namun setelah berakhirnya program ini fasilitas pengelolaan sampah terlihat tidak terawat dan tidak lagi digunakan. Penelitian ini mengukur timbulan dan komposisi dari permukiman dan non permukiman juga untuk mengukur partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah. Penelitian ini bersifat kuantitatif, untuk memperoleh data kauntitatif perlu dilakukan pengukuran timbulan dan komposisi sampah dan data kuesioner untuk mengukur tingkat partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah yang dipengaruhi oleh faktor internal (pengetahuan, motivasi dan sikap terhadap lingkungan). Dari hasil pengukuran didapatkan timbulan sampah yang dihasilkan oleh tiap orang per hari sebesar 0,093 kg/orang/hari. Timbulan yang dihasilkan oleh masyarakat Kelurahan Jemur Wonosari sebesar 2054,37 kg/hari. Sedangkan komposisi sampah yang mendominasi yaitu sampah jenis sisa makanan dengan presentase 43,3%. Dari hasil pengujian dapat diketahui bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan, motivasi dan sikap terhadap lingkungan terhadap partisipasi masyarakat dan antara partisipasi masyarakat dengan pengelolaan sampah. Maka perlu dilakukan kegiatan komposting untuk mengurangi sampah serta untuk meningkatkan partisipasi masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amala, Nahawanda Ahsanunahawanda00@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Masyarakat
Teknik Lingkungan
Uncontrolled Keywords: Timbulan sampah; komposisi sampah; partisipasi masyarakat; pengelolaan sampah
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Amala Nahawanda Ahsanu
Date Deposited: 09 Nov 2018 02:20
Last Modified: 09 Nov 2018 02:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28450

Actions (login required)

View Item View Item