Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan dalil phytagoras di kelas VIII MTs Negeri Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Religiusa, Anika Ahmadia (2010) Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan dalil phytagoras di kelas VIII MTs Negeri Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anika Ahmada Religiusa_D34205004.pdf

Download (842kB)

Abstract

Tujuan pendidikan matematika adalah menumbuhkan penataan nalar atau kemampuan berpikir siswa yang berguna dalam mempelajari ilmu pengetahuan maupun dalam penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa adalah pemilihan pendekatan pembelajaran yang menekankan kepada proses mental siswa secara maksimal. Ada beberapa pendekatan pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika, salah satunya adalah pendekatan lnkuiri. Berdasarkan analisis kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran Inkuiri selama tiga pertemuan yang paling dominan adalah mengamati kegiatan siswa dengan persentase sebesar 40,63%, sehingga dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan inkuiri siswa dituntut aktif menemukan sendiri pengetahuannya Jadi, aktivitas guru dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan inkuiri tergolong baik. Hasil analisis aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran Inkuiri tergolong aktif dengan nilai sebesar jumlah persentase aktivitas siswa kedua, ketiga dan keempat pada pertemuan I adalah 65% pada pertemuan II sebesar 68,13% dan pada pertemuan III sebesar 70,625%. Sedangkan persentase aktivitas siswa yang keenam yaitu berprilaku yang tidak relevan dalam KBM wttuk pertemuan I sebesar 3,75%, pertemuan II sebesar 3, 125% dan pertemuan III sebesar 2,25%. Hasil analisis untuk prestasi belajar siswa secara klasikal pada pembelajaran Inkuiri termasuk baik, dengan prosentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 82.5%. Dari beberapa penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Inkuiri dalam meningkatkan pembelajaran siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas VIII-C MTs Negeri Sidoarjo dapat dikatakan efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Religiusa, Anika AhmadiaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran inkuiri; kemampuan berpikir kritis; dalil phytagoras
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Nov 2018 08:17
Last Modified: 07 Nov 2018 08:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28448

Actions (login required)

View Item View Item