تطوير المادة التعليمية لتنمية مهارات اللغة العربية باستخدام طريقة الإستجابة الجسدية الكاملة:بحث تجريبي في المدرسة المتوسطة الحكومية ١ سيدوهارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurkamala, Nina (2018) تطوير المادة التعليمية لتنمية مهارات اللغة العربية باستخدام طريقة الإستجابة الجسدية الكاملة:بحث تجريبي في المدرسة المتوسطة الحكومية ١ سيدوهارجو. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nina Nurkamala_F16214195.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengembangan buku ajar bahasa Arab adalah buku ajar yang dikembangkan untuk diujicobakan dan digunakan sebagai buku pembelajaran dalam bidang studi bahasa Arab yang merupakan buku standar yang disusun dan divalidasi oleh pakar dalam bidangnya untuk maksud dan tujuan instruksional, yang dilengkapi dengan metode respon tubuh yang sempurna dan sebagai sarana pengajaran yang serasi dan mudah. Metode adalah merupakan salah satu alat yang sangat urgent dalam suatu proses pengajaran, karena mengajar dengan memakai metode yang baik dan relevan akan menghasilkan suatu proses pengajaran yang baik pula. Adapun metode itu sangat beragam macamnya, setiap metode pengajaran memiliki sudut pandang tersendiri dalam mensikapi materi yang akan diajarkan. Dalam artian bedanya materi yang akan diajarkan menyebabkan berbeda pula metode pengajarannya, begitu pula dengan tujuan pengajaran ataupun tingkatan jenjang pendidikannya membutuhkan metode pengajaran yang berbeda pula. Dan asumsi inilah yang melatar belakangi penelitian ini. Adapun pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah peneliti ingin sekali mencoba menerapkan suatu metode baru yang belum begitu dikenal dan diterapkan guru bahasa Arab dalam proses pengajarannya, terutama dalam pengajaran maharah. Apalagi - sebagaimana yang telah peneliti ketahui kemampuan berbahasa Arab yang dimiliki oleh para siswa bisa dikatakan sangat minim sekali, dan hal ini dilatarbelakangi oleh banyak masalah baik itu dari diri para siswa sendiri yang mana mereka tidak memiliki ghiroh (minat dan ketertarikan) terhadap bahasa Arab maupun dari sistem pengajarannya dimana metode yang diterapkan guru dalam pengajaran bahasa Arab selalu tetap dan tidak pernah berubah, hal inilah yang menyebabkan para siswa malas dan merasa bosan dengan pelajaran bahasa Arab. Berdasarkan hasil penelitian, dimana peneliti telah melakukan beberapa langkah untuk studi percobaan ini yaitu melakukan pretest diawal terhadap para siswa yang akan diuji coba untuk mengetahui kemampuan dasar mereka dalam maharah, kemudian dilanjutkan dengan uji coba metode respon tubuh yang sempurna dalam pengajaran maharah, setelah itu peneliti mengakhirinya dengan memberikan post-test terhadap mereka untuk mengetahui dampak dari penerapan metode respon tubuh yang sempurna tersebut, dan setelah peneliti menganalisis penelitian ini baik dari segi proses pengajarannya maupun dari perbandingan nilai siswa dari pretest dan post-test yang dianalisis dengan menggunakan T-tes, peneliti mendapatkan hasil bahwa penerapan metode respon yang sempurna tubuh pada pengajaran maharah sangat efektif terutama bagi para siswa yang kemampuan berbahasa arabnya masih rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurkamala, Ninaruddineena@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Buku > Buku Pelajaran
Keterampilan
Uncontrolled Keywords: Buku ajar; keterampilan bahasa arab; metode respon tubuh
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nurkamala Nina
Date Deposited: 07 Nov 2018 08:51
Last Modified: 07 Nov 2018 08:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28437

Actions (login required)

View Item View Item