Pemberdayaan santri putri dalam mengembangkan keterampilan kewirausahaan di Pondok Pesantren Nurul Amanah Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Hasanah (2018) Pemberdayaan santri putri dalam mengembangkan keterampilan kewirausahaan di Pondok Pesantren Nurul Amanah Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hasanah_B72214018.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pemberdayaan santri putri dalam mengembangkan keterampilan kewirausahaan. Problematika ini muncul karena belum siapnya santri putri dalam menghadapi kehidupan pascalulus dari pesantren. Penyebabnya belum memliki keterampilan untuk berwirausaha, belum adanya program pengembangan keterampilan dalam berwirausaha, dan belum adanya pengadaan sarana pengembangan keterampilan berwirausaha. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana problematika pengembangan keterampilan kewirausahaan, strategi pemberdayaan dan hasil yang dicapai. Metode penelitian yang digunakan fasilitator saat berproses di lapangan adalah PAR (Particpatory Action Research). Langkah awal untuk melakukan perubahan adalah membangun kepercayaan antara fasilitator dan masyarakat pesantren, menemukan masalah, merencanakan tindakan, melakukan aksi hingga refleksi. Pendampingan yang dilakukan fasilitator bersama santri putri yakni melakukan pelatihan dan praktek kewirausahaan, pembentukan kelompok kewirausahaan dan pengajuan pengadaan sarana kelompok. Melalui kelompok kewirausahaan ini para santri putri dapat belajar dan meningkatkan potensi yang ada pada dirinya terutama dalam bidang keterampilan wirausaha. Hasil yang dicapai dari strategi pemberdayaan santri putri adalah para santri putri mempunyai keterampilan dalam berwirausaha, sudah ada program pengembangan keterampilan dalam berwirausaha dan adanya sarana pengembangan keterampilan berwirausaha. Dengan adanya pelatihan ini,mereka merasa lebih percaya diri dan siap menghadapi kehidupan setelah lulus dari masa studinya di Pondok Pesantren Nurul Amanah Bangkalan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Hasanahnanajazuli@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Keterampilan
Pesantren
Pemberdayaan > Perempuan
Pemberdayaan
Wirausaha
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Kewirausahaan; Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Hasanah Hasanah
Date Deposited: 07 Nov 2018 06:53
Last Modified: 07 Nov 2018 06:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28421

Actions (login required)

View Item View Item