Upaya peningkatan kesadaran kelompok lansia dalam memeriksakan kesehatan diri melalui pendampingan ibu-ibu kader kesehatan lansia di Dusun Janti Desa Punggul Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arintika, Vella Devy (2018) Upaya peningkatan kesadaran kelompok lansia dalam memeriksakan kesehatan diri melalui pendampingan ibu-ibu kader kesehatan lansia di Dusun Janti Desa Punggul Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Vella Devy Arintika_B72214045.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang proses pengembangan kelompok Kader Kesehtan Lansia dan program kesehatan yang dilakukan yakni tentang promosi kesehatan dalam mewujudkan meningkatnya kesadaran kelompok Lansia dalam memeriksakan kesehatan diri. Walaupun aset pelayanan kesehatan di Desa Punggul sudah baik, permasalahan tentang masih kurangnya kesadaran masayarakat Lansia dalam memeriksakan kesehatan diri tidak serta merta bisa terselesaikan. Karena kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan lansia, masyarakat Lansia sendiri khususnya di Dusun Janti masih belum paham akan sistem pelayanan kesehatan desa. Penelitian ini menggunakan metode ABCD. (Asset Based Community Driven- Developmen). Di dalam kegiatan ABCD, peneliti belajar serta bekerja bersama masyarakat dalam melakukan perubahan. Pendekatan ini menjadi alat bagi masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan masyarakat untuk memahami dan mengubah situasi kehidupan mereka menjadi lebih baik dan berkeadilan. Di dalam proses pengorganisasian ini, pendamping dan kelompok Kader Kesehatan Lansia melakukan perubahan pola berfiki masyarakat melalui kegiatan- kegiatan yang direncanakan serta dijalankan oleh kelompok salah sataunya adalah promosi kesehatan melalui kegiatatan Jam’iyah Tahlil Ibu-ibu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arintika, Vella Devyvelladevy27@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Organisasi Masyarakat
Pemberdayaan
Uncontrolled Keywords: Kesehatan; lansia; organisasi masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Arintika Vella Devy
Date Deposited: 07 Nov 2018 08:46
Last Modified: 07 Nov 2018 08:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28402

Actions (login required)

View Item View Item