Sejarah perkembangan Majeklis Ta'lim Ar Ridho di Seririt Buleleng Bali pada tahun 1990-2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

El Laudza', Chissya (2018) Sejarah perkembangan Majeklis Ta'lim Ar Ridho di Seririt Buleleng Bali pada tahun 1990-2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img]
Preview
Text
Chissya el-Laudza'_A72214033.pdf

Download (874kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang Sejarah Perkembangan Majelis Ta’lim Ar Ridho di Seririt Buleleng Bali Pada Tahun 1990-2018. Adapun masalah yang akan dibahas pada skripsi ini adalah 1) Bagaimana sejarah berdirinya Majelis Ta’lim Ar Ridho? 2) Bagaimana perkembangan Majelis Ta’lim Ar Ridho? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat Majelis Ta’lim Ar Ridho? Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode sejarah, metode ini menggunakan empat tahap penelitian, yaitu Heuristik (Pengumpulan Sumber), Verifikasi (Kritik Sumber), Interpretasi (Penafsiran Sumber), dan Historiografi (Penulisan Sejarah). Pendekatan yang peneliti gunakan adalah pendekatan historis dan sosiologi, karena pendekatan historis merupakan suatu pendekatan yang digunakan untuk mengungkap kejadian saat berdirinya hingga berkembanganya majelis ta’lim Ar Ridho, sedangkan pendekatan sosiologi merupakan suatu ilmu yang memperlajari tentang masyarakat. Pendekatan ini dimaksudkan untuk menjelaskan perubahan-perubahan yang terjadi pada masyarakat muslim Seririt, dengan adanya Majelis Ta’lim Ar Ridho. Adapun teori yang digunakan dalam skripsi ini adalah teori Continuity and Change. Dengan teori ini peneliti berharap akan dapat menjelaskan bahwa Majelis Ta’lim Ar Ridho dapat bertahan dan berkembang dalam masyarakat minoritas muslim. Dengan rumusan masalah yang ada, serta dari beberapa penelusuran peneliti lakukan dari sumber-sumber primer dan sekunder, dapat membuktikan bahwa 1) Majels Ta’lim berdiri pada tahun 1990 dengan pendirinya yakni ustad Ubaidullah Fadhil. Bermula dari perintah Kiai Misbah yang mendelegasikan ustad Ubaid untuk berdakwah ke pulau Bali, maka ustad Ubaid memulai dengan mengadakan pengajian di Masjid Taufiq Minallah yang anggotanya hanya 6-7 orang. 2) Dalam perkembangannya, anggota mejelis ta’lim Ar Ridho yang semakin banyak dan program kerja yang sangat dibutuhkan di masyarakat, sangat berfariasi. 3) Terdapat dua faktor yang mempengaruhi perkembangan Majelis Ta’lim Ar Ridho, yakni, Faktor Pendukung yang mendorong perkembangan Majelis Ta’lim Ar Ridho kemudian faktor penghambat yang menjadi penghalang perkembangan Majelis Ta’lim Ar Ridho.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
El Laudza', Chissyaeladzkiyas@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Tradisi Islam
Uncontrolled Keywords: Sejarah Majeklis Ta'lim; tradisi Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: El Laudza' Chissya
Date Deposited: 07 Nov 2018 09:00
Last Modified: 07 Nov 2018 09:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28391

Actions (login required)

View Item View Item