Sejarah dan perkembangan majalah Matan Surabaya tahun 2006-2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachmadani, Frisca (2018) Sejarah dan perkembangan majalah Matan Surabaya tahun 2006-2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Frisca Rachmadani_A92214082.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang sejarah perkembangan Majalah Matan di Surabaya tahun 2006-2018. Adapun permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana latar belakang terbitnya majalah Matan Di Surabaya? 2) Bagamaimana perkembangan Majalah Matan di Surabaya? 3) Apa saja faktor Pendukung dan penghambat Majalah Matan Surabaya? Penulisan Skripsi ini disusun menggunakan metode penelitian sejarah dengan menempuh langkah-langkah Heuristik (Pengumpulan Sumber), Verifikasi (Kritik Sumber), Interpretasi( penafsiran sumber, dan Historiografi (penulisan sejarah). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis dan menggunakan teori contiunity and change. Teori contiunity and change menurut John Obert Volladalah kesinambungan/keberlanjutan dan perubahan. Continuity adalah sesuatu yang terus berlanjut dan berlangsung berdasarkan periode-periode tertentu sedangkan change adalah sesuatu yang sudah mengalami perubahan dan pergeseran yang diakibatkan oleh perkembangan zaman ataupun perubahan budaya, ekonomi pada masyarakat. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1) Majalah Matan terbit atas rekomendasi Musyawarah wilayah Muhammadiyah ke-13 di kota Madiun tahun 2005. Rekomendasi ini diberikan karena majalah Suara Muhammadiyah yang berpusat di Jogjakarta kurang bisa menjangkau sampai pelosok-pelosok 2) Perkembangan Majalah Matan bisa dilihat dari segi perkembangan rubrik, perkembangan oplah, perkembangan pendistribusian, dan sumber dana. 3) Dalam perkembangannya sampai saat ini majalah Matan tak lepas dari dukungan ataupun hambatan. Dukungannya yang pertama, sumber keuangan yang diperoleh oleh majalah Matan berasal dari pinjaman dana dari PWM, pembaca majalah Matan dan iklan. Kedua, sumber daya manusia Muhamadiyah harus berwawasan luas. Ketiga kreatifitas pembuatan majalah menjadi daya tarik bagi pembaca dan keempat adalah captive market dimana penyebaran majalah Matan ini sudah memiliki pasarnya sendiri sehingga majalah ini pasti terjual habis. Sedangkan perkembangan majalah Matan juga tak lepas dari adanya hambatan, yang pertama, masalah percetakan yang dihadapi majalah Matan mulai tahun 2006-2015 lalu pada tahun 2016 sampai sekarang diambil alih oleh PT DMU. Kedua komitmen dan kedisiplinan redaksi Matan, dan yang ketiga adalah keterlambatan pembayaran majalah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachmadani, Friscafriscarachmadani@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Sejarah
Keywords: Sejarah; Majalah; Muhamadiyah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Rachmadani Frisca
Date Deposited: 07 Nov 2018 01:07
Last Modified: 07 Nov 2018 01:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28369

Actions (login required)

View Item View Item