Asas-asas berpoligami dalam al Qur'an: studi dalam tafsir al Misbah karya M. Quraish Shihab

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dhafir, Achmad Dhafir (2018) Asas-asas berpoligami dalam al Qur'an: studi dalam tafsir al Misbah karya M. Quraish Shihab. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Dhafir_F12516287.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Asas-Asas Berpoligami dalam al-Qur’an Studi atas Tafsir al-Misbah Karya M. Quraish Shihab. Adapun inti dari maksud dilakukannya penelitian ini adalah Bagaimana pandangan M. Quraish Shihab tentang poligami dalam Tafsir al-Misbah ? dan apa saja asas-asas yang harus ditegakkan oleh lelaki yang berpoligami menurut M. Quraish Shihab dalam tafsir al-Misbah? Surat al-Nisa ayat 3 yang menjadi dasar poligami turun setelah perang Uhud, dimana banyak pejuang Muslim gugur, yang mengakibatkan banyak isteri menjadi janda dan anak menjadi yatim. Dari persoalan tersebut, maka perkawinan adalah satu-satunya jalan untuk memecahkan persoalan tersebut. Akibatnya banyak perkawinan poligami dengan tujuan melindungi janda-janda dan anak yatim yang terlantar. Walaupun jika dilihat dari asbab al-Nuzul ayat tersebut sudah cukup jelas, namun hukum poligami sampai saat ini masih diperdebatkan antara yang mendukung dan yang menentang. Dalam menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan pendekatan tafsir, dan penelitian tergolong Library Research. Pengumpulan data dilkukan dengan mengutip dan menganalisis literatur-literatur yang relevan dengan permasalahan yang dibahas, kemudian mengulas dan menyimpulkannya. Dalam penelitian ini, menurut M. Quraish Shihab poligami diibaratkan dengan sebuah pintu darurat kecil yang hanya bisa dilakukan jika betul-betul dalam keadaan darurat saja. Sedang asas-asas poligami yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu asas keadilan, asas pemberdayaan dan asas perlindungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dhafir, Achmad Dhafirachmaddhafir@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Poligami
Uncontrolled Keywords: Asas poligami
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Dhafir Achmad
Date Deposited: 06 Nov 2018 06:48
Last Modified: 06 Nov 2018 06:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28356

Actions (login required)

View Item View Item