:تطوير مواد تعليم اللغة العربية لطلاب المستوى المتوسط البحث والتطوير مع التطبيق على طلاب الصف السابع بمدرسة نهضة العلماء المتوسطة بيربيك وارو سيدوارجو

Aulady, Ahmad Tsaqif (2018) :تطوير مواد تعليم اللغة العربية لطلاب المستوى المتوسط البحث والتطوير مع التطبيق على طلاب الصف السابع بمدرسة نهضة العلماء المتوسطة بيربيك وارو سيدوارجو. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ahmad Tsaqif Aulady_F12616298.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Bahan Ajar pembelajaran Bahasa Arab di Mts NU Berbek Waru Sidoarjo menggunakan kitab Durus al-Lughah al-‘Arabiyah. Bahan ajar tersebut kurang motivasi dalam pembelajaran Bahasa Arab. Di dalam kitab tersebut peneliti menemukan beberapa kekurangan diantaranya maharah al-‘arba’ah kurang tersusun rapi, tidak terdapat bahan pembelajaran dalam Maharah Istima’ dan Kalam, Kesalahan Kebahasaan, tidak terdapat petunjuk pengajaran guru dan kuranya Qawa’id serta latihannya. Untuk memudahkan peserta didik dalam belajar, maka peneliti berusaha mengembangkan bahan ajar sesuai dengan tingkatan peserta didik dan bisa meningkat motivasi peserta didik dalam keterampilan berbahasa Arab. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan empat keterampilan berbahasa untuk mengembangkan materi-materi bahasa arab di kitab Durus al-Lughah al-‘Arabiyah. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode pengembangan (R & D) dan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, adapun instrument pengumpulan data penelitian ini yaitu: Observasi, interview, dokumentasi, dan tes, dan tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test dan post-test. Peneliti menggunakan pre-test dan post-test, dalam pelaksanaannya rata-rata yang didapatkan peserta didik pre-test 68,64 dan post-test 83,05. Setelah peneliti menganalisa hasil tes tersebut dengan menggunakan one sample T-Tes dengan hipotesis Ho: tidak ada perbedaan antara pre-test dan post-test, Ha: ada perbedaan anatara pre-test dan post-test. Dan Hasil analisis peneliti menunjukkan T account lebih besar dari T table dan penggunaan pengembangan bahan Ajar pembelajaran bahasa arab kitab Durus al-Lughoh al-Arabiyah untuk empat keterampilan bahasa di Mts NU Berbek Waru Sidoarjo pada siswa kelas 7 adalah “efektif”. Dengan bukti bahwa nilai T account kemampuan bahasa = 35,76) lebih besar dari pada T table 2,042.

Email:
Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Junaedi, Junaedi
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar; Keterampilan Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aulady Ahmad Tsaqif
Date Deposited: 06 Nov 2018 01:30
Last Modified: 06 Nov 2018 01:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28350

Actions (login required)

View Item View Item