Pengaruh kemampuan menyelesaikan soal teorema pythagoras dan unsur-unsur bangun ruang terhadap kemampuan menghitung panjang diagonal ruang pada siswa kelas VIII MTsN Tulung Madiun

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laba, Whan (2011) Pengaruh kemampuan menyelesaikan soal teorema pythagoras dan unsur-unsur bangun ruang terhadap kemampuan menghitung panjang diagonal ruang pada siswa kelas VIII MTsN Tulung Madiun. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Whan Laba_D04206033.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan menghitung panjang diagonal ruang pada siswa kelas VIII MTsN Tulung Madiun. Secara teoritik diketahui bahwa kemampuan menyelesaikan soal teorema pythagoras dan unsur-unsur bangun ruang akan berpengaruh terhadap kemampuan menghitung panjang diagonal ruang. Jika siswa mampu menyelesaikan soal teorema pythagoras dan unsur-unsur bangun ruang, siswa akan lebih mudah dalam menghitung panjang diagonal ruang. Sebaliknya, jika siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal teorema pythagoras dan unsur-unsur bangun ruang, siswa akan merasa sulit menghitung panjang diagonal ruang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kemampuan menyelesaikan soal teorema pythagoras dan unsur-unsur bangun ruang terhadap kemampuan menghitung panjang diagonal ruang pada siswa kelas VIII MTsN Tulung Madiun. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitan ini dilakukan di kelas VIII B MTsN Tulung Madiun. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Variabel penelitian terdiri atas kemampuan menyelesaikan soal teorema pythagoras dan kemampuan menyelesaikan soal unsur-unsur bangun ruang sebagai variabel bebas serta kemampuan menghitung panjang diagonal ruang sebagai variabel terikat. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis regresi tinier sederhana dan analisis regresi linier ganda. Berdasarkan analisis data yang diperoleh selama penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengaruh antara kemampuan menyelesaikan soal teorema pythagoras terhadap kemampuan menghitung panjang diagonal ruang diterangkan oleh koefisien determinasi (R 2 )=0,1024 sebesar 10,24% dengan persamaan regresinya Y=39,98+0,46X1+ e. Sedangkan pengaruh antara kemampuan menyelesaikan soal unsur-unsur bangun ruang terhadap kemampuan menghitung panjang diagonal ruang diterangkan oleh koefisien determinasi(R 2)=0,1681 sebesar 16,81% dengan persamaan regresinya Y=49,10+0,36X2+ e. Selanjutnya pengaruh antara kemampuan menyelesaikan soal teorema pythagoras dan unsur­ unsur bangun ruang terhadap kemampuan menghitung panjang diagonal ruang diterangkan oleh koefisien determinasi (R 2) =0,311 sebesar 31,1% dengan persamaan regresinya Y=0,13+ 0,60X1+0,37X2 + e.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laba, WhanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Kemampuan menyelesaikan soal; teorema pythagoras dan unsur-unsur bangun ruang; kemampuan menghitung panjang diagonal ruang
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Nov 2018 03:13
Last Modified: 05 Nov 2018 03:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28334

Actions (login required)

View Item View Item