Analisis kemampuan guru SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo dalam menyusun tes matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahmudah, Siti (2010) Analisis kemampuan guru SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo dalam menyusun tes matematika. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Siti Mahmudah_D04205071.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengangkat pokok masalah bagaimana kemampuan guru dalam menyusun tes matematika. Disamping mengetahui kualitas tes yang disusun, penelitian ini juga untuk mengetahui hambatan guru dalam menyusun tes matematika. Subyek dan obyek penelitian ini adalah guru dan perangkat tes yang disusun oleh guru beserta lembar jawaban dari siswa SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu dengan wawancara dan menganalisis tes yang disusun oleh guru. Analisis data secara kualitatif digunakan untuk mengetahui validitas isi, validitas konstruk maupun validitas muka. Sedangkan analisis kuantitatif digunakan untuk mengetahui reabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, serta efektifitas dari distraktor. Analisis data kuantitatif soal pilihan ganda dilakukan dengan bantuan program ITEMAN. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam menyusun tes matematika dari segi kualitatif termasuk kategori sedang karena dari keseluruhan soal yang disusun sebanyak 70 % soal sudah valid, sedangkan dari segi kuantitatif termasuk kategori sedang karena dari keseluruhan soal yang disusun sebanyak 49 % . soal sudah baik. Hambatan yang dihadapi oleh guru dalam menyusun tes matematika adalah waktu yang diberikan begitu singkat, sedangkan banyak pekerjaan yang dilakukan oleh guru dail pembagian k las yang heterogen, sehingga dalam menyusun soal tidak sesuai dengan kemampuan anak. Saran yang diajukan antara lain adalah untuk para guru ketika menyusun tes perlu melakukan penelaahan baik secara kualitatif maupun kuantitatif dan perlu diadakan pelatihan pembuatan soal tes untuk meningkatkan kualitas sumber daya guru dalam hal penyusunan tes.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahmudah, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Profesionalisme Guru
Uncontrolled Keywords: Kemampuan guru; tes matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Nov 2018 02:40
Last Modified: 05 Nov 2018 02:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28332

Actions (login required)

View Item View Item