Pengaruh budaya organisasi, kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi terhadap kinerja tenaga pendidik di SMPN 2 Paciran

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifin, Miftahul (2018) Pengaruh budaya organisasi, kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi terhadap kinerja tenaga pendidik di SMPN 2 Paciran. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miftahul Arifin_F12316236.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sebagai suatu organisasi, di sekolah terjadi interaksi yang saling mempengaruhi antara individu dengan lingkungannya, baik lingkungan fisik maupun sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh langsung dan tidak langsung budaya organisasi, kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi terhadap kinerja tenaga pendidik di SMP N 2 Paciran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan rumus regresi linier berganda dan analisis alur sebagai pengembangannya. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi di batasi hanya semua guru di SMP N 2 Paciran. Karena jumlah guru hanya 46 kurang dari 100 yang menjadi sampel maka di ambil keseluruhan.. Instrumen utama dalam penelitian adalah angket, sedangkan instrument penunjang adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan variabel budaya organisasi, kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi pendidik terhadap kinerja pendidik di SMP N 2 Paciran. (2) Terdapat pengaruh signifikan variabel budaya organisasi terhadap kinerja pendidik, tidak terdapat pengaruh signifikan variabel kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja pendidik dan terdapat pengaruh signifikan variabel motivasi pendidik terhadap kinerja pendidik. (3) Pengaruh langsung variabel budaya organisasi terhadap kinerja pendidik adalah 29,7%. Sedangkan pengaruh langsung motivasi terhadap kinerja pendidik adalah 20%. Pengaruh tidak langsung variabel budaya organisasi terhadap kinerja pendidik adalah 15,2%. Sedangkan pengaruh tidak langsung motivasi terhadap kinerja pendidik adalah 15,2%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifin, Miftahulmiftaha798@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Budaya Organisasi
Kepala Sekolah
Manajemen Pendidikan
Kepemimpinan
Uncontrolled Keywords: Pengaruh budaya organisasi; kepemimpinan kepala sekolah; motivasi terhadap kinerja tenaga pendidik
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arifin Miftahul
Date Deposited: 05 Nov 2018 03:17
Last Modified: 05 Nov 2018 03:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28328

Actions (login required)

View Item View Item