Study eksperimen pembelajaran cooperative learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) menggunakan portofolio dengan pembelajaran konvensional di kelas VII MTsN Krian: sub pokok bahasan aritmatika sosial

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulfah, Na'imah (2010) Study eksperimen pembelajaran cooperative learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) menggunakan portofolio dengan pembelajaran konvensional di kelas VII MTsN Krian: sub pokok bahasan aritmatika sosial. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Na'imah Ulfah_D04205065.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

KTSP atau yang dikenal kurikulum 2006, menuntut guru menggunakan strategi pembelajaran yang tepat sehingga memberikan kesempatan siswa untuk menggali potensi yang dimilikinya. Pembelajaran cooperative learning tipe Team Assisted Individualization (TAl) menggunakan portofolio dan pembelajaran konvensional pada penelitian ini digunakan dengan tujuan membantu siswa mengatasi masalah-masalah yang berkaitan matematika, sehingga hasil belajar yang diperoleh bisa meningkat. Permasalahan dalam penelitian adalah terdapat atau tidak perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar secara cooperative learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) menggunakan portofolio dengan siswa yang diajar konvensional kelas VII MTsN Krian pada sub pokok bahasan aritmatika sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktifitas siswa, respon siswa dan respon guru. Selain itu, penelitian ini ingin mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan bila dibandingkan dengan siswa pembelajaran konvensional. Untuk menjawab permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian secara Eksperimen di kelas VII MTsN Krian. Dengan mengacu aturan statistika, maka diambil dua populasi secara acak (random sampling) sebagai obyek penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam kegiatan pembelajaran, peneliti mengamati aktifitas siswa kelas eksperimen untuk diambil data aktifitas siswa. Setelah kegiatan pembelajaran berakhir diambil data respon siswa dan respon guru dengan memberikan angket. Untuk mengetahui hasil belajar siswa dikedua kelas, maka dilakukan evaluasi akhir yaitu memberikan tes. Tes hasil belajar yang diolah menggunakan uji T, tetapi sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah data hasil respon siswa ditabulasikan dan ditafsirkan, dapat disimpulkan bahwa 79% siswa atau 32 orang (40 siswa) dikelas eksperimen memberikan respon yang positif atas pembelajaran cooperative learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) menggunakan portofolio pada sub pokok bahasan aritmatika sosial. Sedangkan dari data tes hasil belajar yang diolah dengan menggunakan uji kenormalan, uji homogenitas dan uji kesamaan rata-rata dapat disimpulkan bahwa: Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa dengan pembelajaran cooperative learning tipe Team Assisted Individualization (TAI) menggunakan portofolio dengan pembelajaran konvensional. Jadi hipotesis ditolak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulfah, Na'imahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran cooperative learning; tipe Team Assisted Individualization (TAI); portofolio; aritmatika sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2018 07:01
Last Modified: 01 Nov 2018 07:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28299

Actions (login required)

View Item View Item