Penerapan metode penemuan terbimbing (guide discovery) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan bangun datar di kelas VII B MTs Hasanuddin Tebel - Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muzaki, Munif (2010) Penerapan metode penemuan terbimbing (guide discovery) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan bangun datar di kelas VII B MTs Hasanuddin Tebel - Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Munif Muzaki_D04205064.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan alat bantu dan pelayan ilmu tidak hanya untuk matematika itu sendiri tetapi juga untuk ilmu-ilmu yang lain, baik untuk kepentingan teoritis maupun kepentingan praktis dalam memecahkan masalah sehari-hari. Namun hasil belajar siswa Indonesia belumlah sesuai dengan apa yang diharapkan. Itu terbukti pada tahun 2005, Indonesia belum mampu meraih emas dalam olimpiade matematika intemasional (IMO). Salah satu penyebab kekalahan Indonesia dalam olimpiade itu adalah metode pemecahan masalah belum dibiasakan di Indonesia yang mengindikasikan tingkat pemahaman siswa masih rendah sehingga menyebabkan hasil belajar siswa juga rendah. Menurut Slavin, metode yang membiasakan siswa menggunakan pemecahan masalah adalah metode penemuan terbimbing (guide discovery). Dari pemaparan tersebut, timbul pertanyaan apakah metode penemuan terbimbing mampu meningkatkan basil belajar siswa? Untuk menjawab pertanyaan tersebut diadakanlah penelitian tentang penerapan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk perbaikan dan peningkatan hasil belajar, aktivitas belajar, dan respon siswa melalui metode penemuan terbimbing (discovery). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-B MTs Hasanuddin Tebel - Sidoarjo pada semester 2 tahun ajaran 2009/2010 dengan jumlah 45 orang. Stephen M. Corey mengemukakan bahwa penelitian tindakan kelas merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi pada suatu kelas secara bersama Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode angket dan metode test. Metode observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa selama pembelajaran. Metode angket digunakan untuk mengetahui respon siswa. Metode tes digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa selama pembelajaran dengan menggunakan metode penemuan terbimbing (guide discovery). Data penelitian dianalisis secara deskriptif. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Setelah data penelitian dianalisis secara deskriptif, maka diperoleh hasil sebagai berikut: respon siswa terhadap metode penemuan terbimbing (guide discovery) 79,11% menjawab "iya" dan 20,89% menjawab 'tidak". Aktivitas siswa selama penelitian terjadi peningkatan yang signifikan yaitu pada siklus I sebesar 51% dan pada siklus II menjadi 76%. Maka aktivitas siswa selama pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing (guide discovery) berlangsung tergolong baik. Ketuntasan belajar selama proses pembelajaran dengan metode discovery berlangsung juga terjadi peningkatan. Pada siklus I sebesar 62,22% dan pada siklus II menjadi 75,56%, sehingga dapat dikatakan telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muzaki, MunifUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Metode penemuan terbimbing (guide discovery); hasil belajar; bangun datar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2018 03:22
Last Modified: 01 Nov 2018 03:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28298

Actions (login required)

View Item View Item