Perbedaan prestasi belajar siswa dengan pendekatan problem posing dan siswa dengan pendekatan konvensional yang memperhatikan metakognisi siswa pada pokok bahasan geometri kelas VII SMP N 1 Bungah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mustafidah, Dewi Mahsunatul (2009) Perbedaan prestasi belajar siswa dengan pendekatan problem posing dan siswa dengan pendekatan konvensional yang memperhatikan metakognisi siswa pada pokok bahasan geometri kelas VII SMP N 1 Bungah Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Dewi Mahsunatul Mustafidah_D04205045.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab: apakah terdapar perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diberi pendekatan problem posing dengan siswa yang diberi pendekatan konvensional? Apakah terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mempunyai metakognisi tinggi, sedang, dan rendah? Apakah terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan metakognisi yang dimiliki siswa? Serta bagaimanakah aktifitas dan respon siswa selama pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran problem posing? Untuk menjawab pertanyaan ini dilakukan penelitian eksperimen dengan mengambil populasi di SMP N 1 Bungah Gresik kelas VII, dengan sampel diambil dengan acak (Random Sampling) yaitu kelas VII-A dan VII-B penelitian ini dilakukan dengan membandingkan dua kelas tersebut. Kelas VII-A dengan pendekatan pembelajaran problem posing dan kelas VII-B dengan pendekatan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) prestasi belajar matematika siswa yang diberi pendekatan pembelajaran problem posing lebih tinggi dari pada siswa yang diberi pendekatan pembelajaran konvensional.; (2) prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai metakognisi tinggi lebih tinggi bila dibandingkan dengan siswa yang mempunyai metakognisi sedang dan rendah; (3) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan tingkatan metakognisi siswa; (4) aktifitas belajar siswa cenderung lebih baik setelah pembelajaran dengan pendekatan problem posing dilaksanakan, dan siswa merespon positif terhadap pendekatan pembelajaran tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mustafidah, Dewi MahsunatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendekatan
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Prestasi belajar; pendekatan problem posing; pendekatan konvensional; pokok bahasan geometri
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2018 03:09
Last Modified: 01 Nov 2018 03:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28297

Actions (login required)

View Item View Item