Kualitas tes UASBN mata pelajaran Matematika SD/MI di Kabupaten Jombang tahun 2009

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiriyah, Nur (2010) Kualitas tes UASBN mata pelajaran Matematika SD/MI di Kabupaten Jombang tahun 2009. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Khoiriyah_D04205021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan adalah salah satu wadah kegiatan yang dapat digunakan untuk mengernbangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta sumber daya manusia yang berkualitas tinggi. Salilh satu upaya dalam m-elakukan kebijakan strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah melaksanakan evaluasi yang baik, terukur dan terencana. Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 82 menyebutkan bahwa penilaian hasil belajar peserta didik pada jenjang Sekolah Dasar ditetapkan sistem penilaiannya dalam bentuk Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN). Setiap paket Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) terdiri atas 25% soal yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan berlaku secara nasional. Sisanya 75% ditetapkan penyelenggara UASBN tingkat propinsi berdasarkan kisi-kisi soal UASBN tahun pelajaran 2008/2009 yang ditetapkan BSNP. Selama ini kegiatan analisis butir soal jarang dilakukan. tepatnya tidak diketahui secara pasti karena memang jarang dilakukan penelitian, sehingga belum dapat dipastikan apakah soal UASBN yang dibuat BSNP maupun oleh pemerintah daerah (guru) sudah memenuhi syarat-syarat tes yang baik atau belum. Faktor kualitas tes yang belum diketahui, akan berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam mengerjakan tes. Kelemahan ini akan berdampak pada sulitnya menentukan kemampuan siswa yang sebenarnya. Dampak lainnya adalah ketidaktepatan dalam pengambilan keputusan berkenaan dengan hasil belajar siswa dan pemetaan mutu pendidikan di sekolah dasar. Kualitas tes adalah ukuran baik tidaknya suatu tes dilihat dari aspek teoritis (validitas isi, konstruk, dan muka) dan aspek empiris (reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan berfungsi tidaknya distraktor). Aspek teoritis dapat diketahui dari hasil validasi 3 orang ahli. Sedangkan aspek empiris diperoleh dengan menggunakan program ITEMAN dan BIGSTEP. Dari hasil validasi tes, terdapat 3 butir soal yang perlu direvisi karena tidak rnemenuhi validitas muka yang baik. Reliabilitas soal sudah baik. Untuk daya pembeda, butir soal nomor 4 dan 27, dan tingkat kesukaran nornor 38 perlu direvisi. Untuk distraktor terdapat 19 butir soal dimana sebagian distraktomya tidak berfungsi dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiriyah, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Tes UASBN; mata pelajaran Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2018 02:25
Last Modified: 01 Nov 2018 02:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28295

Actions (login required)

View Item View Item