Implementasi strategi pembelajaran reading aloud dalam meningkatkan pemahaman pada materi PAI di SD Asy-Syihabiyah Mundurejo Umbulsari Jember

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Taufiq, Ahmad Ali Zainal Abidin (2009) Implementasi strategi pembelajaran reading aloud dalam meningkatkan pemahaman pada materi PAI di SD Asy-Syihabiyah Mundurejo Umbulsari Jember. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ahmad Ali Zainal Abidin Taufiq_D11304113.pdf

Download (804kB) | Preview

Abstract

Dalam suatu pembelajaran di butuhkan seorang guru yang kompeten yang mampu menciptakan lingkungan belajar efektif dan efisien serta mampu mengolah kelas, sehingga hasil belajar siswa bisa maksimal dan siswa memiliki motivasi yang sama terhadap materi pelajaran. Oleh karena itu di antara salah satu yang dipergunakan guru untuk membangkitkan semangat belajar sehingga keberhasilan belajar tercapai yaitu dengan menggunakan strategi reading aloud (membaca keras). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : Bagaimana implementasi strategi reading aloud dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam materi PAI di SD Asy-syihabiyah Umbulsari jember? Adakah kendala dalam implentasikan strategi reading aloud dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi PAI di SD Asy-syihabiyah Umbulsari jember?Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskripsif dan untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan beberapa metode antara lain : Metode Observasi, Interviu atau wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data yang digunakan adalah teknik prosentase. Dari hasil penelitian yang diperoleh temyata implementasi strategi reading aloud (membaca keras) pada materi PAI adalah strategi yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Hal ini terbukti dengan adanya tes ( evaluasi ) sebelum dan sesudah menggunakan strategi reading aloud ( membaca keras ) dan hasilnya meningkat. Adapun nilai prosentasi siswa sebelum diterapkan strategi reading aloud diperoleh hasil 61,68 % yang dikategorikan cukup. Namun setelah diterapkan strategi reading aloud diperoleh basil 80, 56 % di kateagorikan sangat baik. Kemudian kendala-kendala dalam mengimplentasikan strateg reading aloud pada materi PAI adalah faktor internal yaitu tidak semua guru mampu menerapkan strategi ini dengan baik, kemampuan siswa yang berbeda-beda dalam menyerap materi. Faktor ekstemal yaitu terbatasnya sarana di sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Taufiq, Ahmad Ali Zainal AbidinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Strategi
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran; reading aloud; materi PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2018 04:06
Last Modified: 01 Nov 2018 02:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28284

Actions (login required)

View Item View Item