Perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan dan tanpa menerapkan brain gym

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maslukah, Rubik (2010) Perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan dan tanpa menerapkan brain gym. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rubik Maslukah_D34206011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Konsep matematika yang hirarkis menuntut adanya pembelajaran yang menyenangkan dan optimal agar konsep yang diajarkan bisa diterima dengan optimal. Pembelajaran itu sendiri bisa optimal jika dapat mengoptimalkan semua dimensi otak. Salah satu cara untuk mengoptimalkan semua dimensi otak adalah dengan senam otak atau brain gym. Penelitian ini digunakan wttuk mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan dan tanpa brain gym., ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa dengan dan tanpa menerapkan brain gym, dan respon siswa terhadap gerakan-gerakan brain gym. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Subyek penelitian yang diambil adalah siswa kelas X-9 dan X-11 SMA Antartika Sidoarjo, dengan jumlah siswa masing-masing kelas sebanyak 40 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi untuk mengetahui aktivitas siswa, metode tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan metode angket untuk mengatahui respon siswa terhadap gerakan-gerakan brain gym. Dari hasil pengamatan dan penelitian dapat ditunjukkan bahwa aktivitas siswa pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol adalah efektif, akan tetapi aktivitas pasif pada kelas yang tidak menerapkan brain gym lebih besar dibanding kelas yang menerapkan brain gym, (30,75% pada kelas kontrol dan 23% pada kelas eksperimen). Selain itu, dari hasil analisis data diperoleh t hit = 2, 14 dengan taraf sebesar 5% dan harga t tab = 1,69. Hasil tersebut menununjukkan bahwa t hitung > t tabel 1,691 Artinya, bahwa terdapat pebedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa dengan dan tanpa menerapkan brain gym. Respon siswa dikategorikan positif, sebab dari tujuh gerakan yang diajarkan, enam gerakan mendapat rata-rata jawaban penilaian sangat mudah sebesar 70%, sangat menyenangkan sebesar 75%, dan menarik sebesar 62,5%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maslukah, RubikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; brain gym
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2018 03:43
Last Modified: 01 Nov 2018 02:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28283

Actions (login required)

View Item View Item