Penerapan pembelajaran matematika menggunakan alat peraga alas angka dengan strategi pembelajaran ekspositori pada materi bilangan bulat di kelas IV SD Negeri II Ketileng

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mu'alifah, Siti (2010) Penerapan pembelajaran matematika menggunakan alat peraga alas angka dengan strategi pembelajaran ekspositori pada materi bilangan bulat di kelas IV SD Negeri II Ketileng. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Siti Mu'alifah_D34206014.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah tidak hanya ditentukan oleh ketepatan strategi guru dalam mentransfer pengetahuannya, tetapi juga ditentukan oleh peran serta aktif dari siswa dalam proses pembelajaran. Agar siswa dapat belajar dengan baik maka tugas guru tidak hanya memberikan sejumlah informasi kepada siswa, tetapi juga harus dapat mengusahakan hagaimana agar konsep yang penting dapat tertanam kuat dalam pemikiran siswa. Pada saat guru mengajarkan materi kepada siswa dapat ditempuh melalui berbagai macam cara, diantaranya secara lisan dan menggunakan media. Dalarn penelitian ini pembelajaran yang dilakukan adalah pembelajaran menggunakan alat peraga alas angka dengan strategi pembelajaran ekspositori. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif: dengan menggunakan pola penelitian one shot case study. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode tes dan metode angket. Metode observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, metode tes digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa, dan metode angket digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran. Setelah dilakukan analisis data penelitian maka didapat hasil sebagai berikut: aktivitas siswa selama proses pembelajaran dikatakan aktif: dengan rata-rata akitivitas aktif sebesar 82,33%, dan jumlah rata-rata aktivitas tidak aktif siswa sebesar l7,6 %. kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan baik, dengan nilai rata-rata keseluruhan 3,41. Respon siswa terbadap pembelajaran adalah positif: dengan rata-rata siswa yang setuju terbadap pembelajaran menggunakan alat peraga ada1ah sebesar 91.88%. Sedangkan ketuntasan belajar siswa menyatakan tuntas secara klasikal dengan prosentase 90% dari 20 siswa, dan terdapat 2 siswa yang tidak mencapai ketuntasan individu atau 10% dari jumlah siswa seluruhnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mu'alifah, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Alat peraqa alas angka; strategi pembelajaran ekspositori
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2018 03:29
Last Modified: 01 Nov 2018 05:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28282

Actions (login required)

View Item View Item