Analisis kemampuan respon siswa MTs Negeri Gresik dalam menyelesaikan soal matematika dalam pandangan taksonomi SOLO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Aminatus (2010) Analisis kemampuan respon siswa MTs Negeri Gresik dalam menyelesaikan soal matematika dalam pandangan taksonomi SOLO. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Aminatus Sholihah_D34206013.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Taksonomi solo adalah alat klasifikasi respon siswa tentang struktur hasil belajar yang diamati. Struktur hasil belajar tersebut diantaranya kualitas respon yang diberikan siswa terhadap suatu masalah yang dihadapkan berdasarkan pada kompleksitas jawaban yang diberikan siswa. Dalarn taksonomi SOLO kemarnpuan respon siswa diklasifikasikan menjadi lima level yaitu prastruktural, unistruktural, multistruktural, relasional, dan extended abstrak. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri Gresik yang bertujuan unuuk mengetahui kualitas kemampuan respon siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan taksonomi SOLO. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara serta dianalisis secara deskriptif. Hasil yang diperoleh dari analisis data diketahui bahwa terdapat tiga siswa yang tergolong pada level prastruktural, satu siswa pada level unistruktural, satu siswa pada level multistruktural, satu siswa pada level relasional, dan tidak ada siswa yang tergolong pada level extended abstrak. Berdasarkan hasil penelitian di atas disarankan bagi guru untuk lebih cermat mengidentifikasi ketepatan hasil belajar siswa sehingga, dapat diketahui kualitas kemampuan respon siswa dalam menyelesaikan soal matematika lebih baik. Dan disarankan untuk membuat alat evaluasi yang baik untuk mengembangkan kemampuan kritis dan kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, AminatusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Taksonomi SOLO; soal matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2018 03:11
Last Modified: 01 Nov 2018 05:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28281

Actions (login required)

View Item View Item