Tingkat keterampilan sosial siswa dalam proses pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament) dengan bantuan media Kartu pada materi PLSV di MTs Nurul Huda Kalanganyar

Qurba, Ismatul (2010) Tingkat keterampilan sosial siswa dalam proses pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament) dengan bantuan media Kartu pada materi PLSV di MTs Nurul Huda Kalanganyar. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ismatul Qurba_D04206029.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28246

Abstract

Pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial. Setiap hari manusia memerlukan hubungan dengan orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Untuk mewujudkan hubungan yang baik dengan orang lain, diperlukan suatu keterampilan yang disebut keterampilan sosial. Keterampilan sosial yang dimaksud di sini ada lima keterampilan yang digunakan yaitu keterampilan bertanya, kemampuan dalam menjawab pertanyaan secara lisan baik dari guru maupun teman, kemampuan menyatakan pendapat atau ide, menghargai pendapat atau ide serta kemampuan dalam beekerja sama dengan anggota kelompok. Untuk menumbuhkan keterampilan sosial siswa tersebut maka model pembelajaran yang sesuai untuk digunakan yaitu model pembelajaran kooperatif tipe TGT ( Teams Games Tournaments), yang mana model pembelajaran kooperatif tipe ini bertujuan untuk menumbuhkan keterampilan berfikir anak sesuai dengan permasalahan yang dihadapi dan menumbuhkan keterampilan sosial dan bekerja sama, toleransi, komunikasi serta tanggap terhadap gagasan orang lain. Selain itu keterampilan sosial siswa juga dapat terwujud jika keabstrakan matematika dapat dikonkretkan oleh guru melalui benda-benda yang nyata. Media atau alat peraga dapat digunakan bagi siswa untuk berpikir menkonkretkan benda yang sifatnya abstrak. Dalam hal ini media kartu merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan PLSV. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat keterampilan sosial enam siswa kelas VIIA MTs Nurul Huda Kalanganyar pada model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament) dengan bantuan media kartu. Dari hasil analisis data, didapatkan bahwa keterampilan sosial siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament) dengan bantuan media kartu menunjukkan adanya peningkatan pada tiap pertemuan. Hal ini dapat ditunjukkan bahwa skor masing - masing siswa pada pertemuan kedua meningkat dari pertemuan pertama dan pertemuan ketiga meningkat dari pertemuan kedua, maka secara umum dapat disimpulkan bahwa keterampilan social siswa meningkat dalam setiap pertemuan. Peningkatan yang terjadi adalah dari kategori kurang (0-18) ke kategori sangat baik (55-72). Hal ini ditunjukkan bahwa pada pertemuan ketiga rata-rata siswa sudah berada pada kategori baik dan sangat baik. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament) dapat digunakan sebagai salah satu altematif untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Hamdani, A. Saepul
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif TGT; keterampilan sosial; media kartu
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2018 09:18
Last Modified: 26 Oct 2018 09:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28246

Actions (login required)

View Item View Item