المسؤولية الاجتماعية في المصارف الإسلامية: دراسة حالة مصرف الشريعة مانديري ومصرف معاملات إندونيسيا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abeid, Essam Ali Abdulla (2018) المسؤولية الاجتماعية في المصارف الإسلامية: دراسة حالة مصرف الشريعة مانديري ومصرف معاملات إندونيسيا. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Essam Ali Abdullah Abied_F530415063.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sumber pendanaan kegiatan tanggung jawab sosial (CSR) dalam bidang pendidikan di bank-bank syariah, mengetahui bidang-bidang penerapan tanggung jawab sosial (CSR) dalam bidang pendidikan di bank-bank syariah, mengetahui strategi dan hambatannya yang dihadapi di bank-bank syariah, dan juga untuk mengetahui pemahaman pegawai dan nasabah terhadap kegiatan tanggung jawab sosial (CSR) di bank-bank syariah dalam bidang pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, peneliti melakukan studi lapangan di kantor pusat Bank Mandiri Syariah dan bank Muamalat Indonesia di Jakarta. Peneliti menggunakan alat pengumpulan data berupa wawancara, hasil observasi dan analisis dokumentasi, dan juga menggunakan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber pendanaan kegiatan tanggung jawab sosial di bank syariah Indonesia dalam bidang pendidikan bervariasi, baik berupa pendanaan dari alokasi bank, dana pertanggung jawaban sosial (CSR), qardh hasan, denda, dan sebagainya, dan juga dari sumber dana zakat sebesar 2,5% dari individu atau perusahaan. Bidang-bidang penerapan menerapkan tanggung jawab sosial (CSR) bermacam-macam; mulai dari karyawan, kemudian penduduk setempat, lingkungan dan nasabah. Strategi dalam tanggung jawab sosial yang digunakan oleh bank-bank Syariah terdiri dari tiga tahap: penyusunan strategi, evaluasia, penerapan strategi tersebut yang dilakukan oleh bidang pengelolaan tanggung jawab sosial (CSR). Pemahaman pegawai dan nasabah terhadap konsep tanggung jawab sosial (CSR) sangat rendah dan menjadi tanggungjawab kantor untuk mensosialisasikan pentingnya tanggung jawab sosial (CSR). Berdasarkan hasil penelitian deskriptif, maka teori yang didapatkan adalah bahwa tanggung jawab sosial (CSR) di bank-bank syariah perlu dikembangkan dalam hal memahami dan menambah wawasan bagi orang-orang yang berkutat dengan pelaksanaan CSR yaitu para stakeholder yang berada di lingkungan lembaga perbankan, sebagaimana juga dibutuhkan dukungan sumber daya, inovasi dan menjadikan renstra sebagai opsi utama dalam perencanaan, evaluasi serta penerapan kewajiban sosial di bank-bank syariah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abeid, Essam Ali Abdullaessam869@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab Sosial; Bank Syariah; Bank Mandiri Syariah; Bank Muamalat Indonesia
Divisions: Program Doktor > Ekonomi Syariah
Depositing User: Abeid Essam Ali Abdulla
Date Deposited: 26 Oct 2018 07:26
Last Modified: 26 Oct 2018 07:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28245

Actions (login required)

View Item View Item