FA’ALIYAH TATHBIQ WA SAIL AL TA’LIM “FLANNEL BOARD” LI TARQIYAH MAHARAH AL KITABAH LI THULAB AL SHAFF AL SABI’ BI AL MADRASAH AL MUTAWASITHAH BILINGUAL TERPADU KRIAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

A’yun, Risa Qurrota (2015) FA’ALIYAH TATHBIQ WA SAIL AL TA’LIM “FLANNEL BOARD” LI TARQIYAH MAHARAH AL KITABAH LI THULAB AL SHAFF AL SABI’ BI AL MADRASAH AL MUTAWASITHAH BILINGUAL TERPADU KRIAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (948kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (764kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (886kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (426kB) | Preview

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan dalam berbahasa yang harus dipelajari oleh siswa dalam belajar bahasa Arab. Seperti yang kita ketahui bahwa keterampilan menulis merupakan keterampilan yang urgen dalam pembelajaran bahasa.
Salah satu media yang digunakan dalam pembelajaran menulis adalah media flannel board. Media flannel board termasuk salah satu media pembelajaran visual. Media ini terbuat dari sebuah papan yang dilapisi dengan kain flanel. Media ini sangat mudah dimengerti karena didalam papan flanel terdapat gambar dan kata-kata. Media ini tidak hanya digunakan untuk pembelajaran menulis saja, tetapi bisa digunakan untuk pembelajaran keterampilan-keterampilan yang lain dalam pembelajaran bahasa.
Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui penerapan media pembelajaran flannel board dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya dalam pengembangan keterampilan menulis siswa kelas VII SMP bilingual terpadu Krian. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan media flannel board untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas VII SMP bilingual terpadu Krian Sidoarjo, (2) Bagaimana kemampuan siswa kelas VII sebelum dan sesudah dilakukan eksperimen dalam meningkatkan kemampuan menulis SMP bilingual terpadu Krian Sidoarjo, (3) bagaimana efektifitas penggunaan media flannel board dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas VII SMP bilingual terpadu Krian Sidoarjo. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah: (1) Observasi (2) Wawancara (3) Dokumentasi (4) Tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flannel board terbukti efektif. Hal ini bisa dilihat dari analisis yang dilakukan peneliti dengan menggunakan rumus T tes yang menunnjukkan bahwa T hitung (591,5) lebih besar dari T tabel (2922) maka H2 ditolak dan Ha diterima. Artinya penerapan media pembelajaran flannel board efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas VII SMP bilingual terpadu Krian Sidoarjo

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
A’yun, Risa QurrotaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Media; Pembelajaran; Flannel Board; Keterampilan; Menulis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Nov 2015 07:19
Last Modified: 20 Nov 2015 07:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/2824

Actions (login required)

View Item View Item