Humanisasi pendidikan Islam dalam perspektif Abdul Munir Mulkhan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Isti'anah, Mufdlilatul (2009) Humanisasi pendidikan Islam dalam perspektif Abdul Munir Mulkhan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mufdlilatul Isti'anah_D31205019.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan yang berlangsung saat ini dapat dinilai belum mampu menyadarkan manusia akan dirinya. Sehingga pendidikan tidak dapat memberikan kontribusi kepada manusia untuk meningkatkan derajatnya, yaitu tetap eksis dan berada di depan dalam membawa segala perubahan. Rumusan masalah penelitian ini adalah; 1. Bagaimana konsep humanisasi pendidikan Islam dalam pemikiran Abdul Munir Mulkhan, 2. Bagaimana kerangka piker yang digunakan Abdul Munir Mulkhan untuk mencapai konsep humanisasi pendidikan Islam. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kepustakaan (library research). Untuk membahas data-data yang tersedia menggunakan metode analisis historis, metode deduksi dan induksi, content analisis, serta metode komparasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pertama, Humanisasi pendidikan adalah sebuah proses pendidikan yang memanusiakan manusia. Konsep humanisasi pendidikan berakar dari pandangan pendidikan tentang manusia. Pendidikan memandang manusia memiliki keunikan dan kemandirian serta daya kreativitas yang berbeda. Kedua, kerangka yang digunkan Munir dalam humanisasi pendidikan adalah berawal dari paradigm pendidikan yang menempatkan ilmu pengetahuan, manusia dan kebudayaan merupakan refleksi dan daya kreatif tangan manusia, maka harus ditempatkan pada kerangka kritik dan kemanusiaan. Humanisasi pendidikan dapat dijalankan dalam bentuk demokratisasi pendidikan. Di dalam sistem pendidikan yang demokratis itu, proses belajar mengajar dijalankan dengan penuh keterbukaan. Peserta didik mendapatkan kesempatan penuh untuk mengekspresikan dirinya. Begitu juga hubungan antar guru dan siswa. Hubungan itu dibangun atas dasar kemitraan, bukan atas dasar atasan dan bawahan, melainkan merupakan partner dalam mengantarkan proses belajar belajar mengajar untuk menemukan kesadaran hidup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Isti'anah, MufdlilatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Islam dan Humanisme
Pendidikan Islam
Pemikiran
Uncontrolled Keywords: Humanisasi; pendidikan Islam; perspektif Abdul Munir Mulkhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2018 04:15
Last Modified: 01 Nov 2018 05:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28239

Actions (login required)

View Item View Item