Korelasi model pembelajaran out bound terhadap kemandirian belajar siswa pada pokok bahasan Aqidah Akhlak di SD Muhammadiyah GKB Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'adah, Lailatus (2009) Korelasi model pembelajaran out bound terhadap kemandirian belajar siswa pada pokok bahasan Aqidah Akhlak di SD Muhammadiyah GKB Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Lailatus Sa'adah_D11303166.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah bagian terpenting dan tennasuk faktor yang urgen dalam pembangunan nasional disegala bidang. Pendidikan memberikan kontribusi yang sangat besar tehadap kemauan suatu bangsa dan sebagai wahana investasi dalam menerjemahkan pesan-pesan konstitusi serta sarana dalam membangun watak. bangsa (Nation character building) masyarakat yang cerdas akan memberi nuansa kehidupan yang cerdas pula dan secara progresif akan membentuk kemandirian yang bertanggung jawab. Ada tiga persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu:(1) Bagaimana pelaksanaaan model pembelajaran outbound di SD Muhammadiyah GKB Gresik, (2) Bagaimana kemandirian belajar siswa pada pokok bahasan aqidah akhlak di SD Muhammadiyah GKB Gresik, (3) Adakah korelasi antara model pembelajaran outbound terhadap kemandirian belajar siswa pada pokok pelajaran aqidah akhlak di SD Muhammadiyah GKB Gresik. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian korelasional kuantitatif, yaitu penelitian yang bertnjuan untuk mencari hubungan dari dua variabel yang keduanya saling terkait dalam suatu pennasalahan melaui indikator masing­ masing variabel dengan menggunakan instrumen penelitian sebagai alat mencari sumber data tentunya dengan memenuhi syarat reliabilitas dan variabel penelitian. Penelitian ini menggunakan populasi kelas IV dari sampel 69 siswa, cara mengambil sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel acak (random sampling). Data penelitian dihimpun melalui angket, observasi dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan pendekatan korelatif kuantitatif, yaitu menggunakan 'product moment'. Sebelum menggunakan rumus tersebut terlebih dahulu akan mentabulasi data dengan menggunakan rumus prosentase. Hasil analisis pelaksanaan model pembelajaran outbound terhadap kemandirian belajar siswa pada pokok bahasan aqidah akhlak di SD Muhammadiyah GKB Gresik baik, terbukti dari basil analisis pelaksanaan outbound yang melalui proses prosentase yang menghasilkan 40% dan hasil analisis kemandirian belajar siswa melalui proses prosentase yang menghasilkan 37% dan hasil dari korelasi variabel X terhadap variabel Y, dengan menggunakan rumus product moment adalah r0 = rxy = 0,621 kemudian dibandingkan dengan rt yang ada pada tabel dengan N = 69, dengan melihat taraf signifikasi 1% = 0,286 dan taraf signifikasi 5% = 0,220 berarti r0 > rt maka konsekuensinya (Ha) diterima dan Ho ditolak. Dan untuk mengetahui sejauhmana korelasi variabel X terhadap variabel Y, maka menggunakan pedoman tabel konservatif pada umumnya Dari nilai rxy yang diperoleh sebesar 0,621 dikonsultasikan pada tabel interpretasi besarnya antara 0,600 sampai dengan mencapai 0,800 maka korelasi model pembelajaran outbound terhadap kemandirian belajar siswa di SD Muhammadiyah GKB Gresik adalah tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'adah, LailatusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran out bound; kemandirian belajar; pokok bahasan Aqidah Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2018 04:02
Last Modified: 01 Nov 2018 05:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28238

Actions (login required)

View Item View Item