Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII-A SMP Islam Parlaungan Berbek Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laily, Sofia Fikrotul (2010) Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII-A SMP Islam Parlaungan Berbek Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sofia Fikrotul Laily_D04205042.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan pendidikan matematika adalah menumbuhkan penataan nalar atau kemampuan berpikir siswa yang berguna dalam mempelajari ilmu pengetahuan maupun dalam penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari dan menerapkan kembali konsep yang dimiliki siswa dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu pembelajaran yang berhubungan secara langsung materi dengan pengalaman nyata siswa adalah pembelajaran kontekstual.Adapun komponen kontekstual diantaranya inquiri (menemukan), questioning (bertanya), Learning Community (masyarakat belajar), modeling (pemodelan), reflection (refleksi), dan authentic (penilaian yang sebenarnya) yang tidak hanya memperhatikan basil tetapi juga proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Parlaungan kelas VIII-A dan waktu penelitian dilaksanakan mulai tanggal 30 November-12 Desember 2009. Hasil pengamatan pengelolaan pembelajaran kontekstual selama empat kali pertemuan adalah 2,58 untuk skala 0-4, yang berdasarkan kriteria kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran kontekstual dikategorikan cukup baik. Aktivitas siswa menunjukkan bahwa aktivitas siswa yang paling dominan adalah mendengarkan atau memperhatikan penjelasan guru sebesar 35,71% sedangkan jika dilihat dari komponen CTL yang mucul pada aktivitas siswa diantaranya inkuiri, bertanya, masyarakat belajar, dan pemodelan adalah 55,81%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual dapat mengaktifkan siswa dan mengurangi dominasi guru dalam pembelajaran. Ketuntasan belajar siswa sebesar 77,5% , sehingga dapat dikatakan ketuntasan belajar secaara klasikal adalah tuntas. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual menjadikan anak mampu memahami konsep materi pelajaran yang diberikan. Hasil respon siswa terhadap pembelajaran kontekstual pada setiap aspek yang berada pada kategori senang lebih dari 65%, sehingga dapat dikatakan bahwa respon siswa terhadap pembelajaran kontekstual positif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laily, Sofia FikrotulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Materi
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Contextual Teaching and Learning (CTL); pokok bahasan persamaan linier dua variabel
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2018 08:41
Last Modified: 01 Nov 2018 05:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28229

Actions (login required)

View Item View Item