Implementasi pembelajaran aktif (active learning) dengan strategi peer lesson pada materi pokok bangun ruang sisi lengkung di kelas IX-F SMP Negeri 29 Surabaya

Widariningsih, Cici (2010) Implementasi pembelajaran aktif (active learning) dengan strategi peer lesson pada materi pokok bangun ruang sisi lengkung di kelas IX-F SMP Negeri 29 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cici Widariningsih_D04206077.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28223

Abstract

Di era globalisasi seperti sekarang ini, ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang. Perkembangan tersebut menuntut dunia pendidikan untuk dapat menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dan menyesuaikan diri dengan perubahan yang ada. Tuntutan era globalisasi terhadap dunia pendidikan mengharuskan sistem pendidikan nasional untuk senantiasa dikembangkan sesuai dengan kebutuhan zaman. Oleh karena itu, pembangunan sumber daya manusia (SDM) berkualitas merupakan suatu keniscayaan yang tidak dapat ditawar-tawar lagi. Antara lain dengan upaya penyempurnaan kurikulum, perbaikan sistem pengajaran, dan meningkatkan kemampuan guru. Guru dalam proses pembelajaran dihadapkan pada berbagai macam masalah antara lain guru harus dapat memilih model, strategi, metode mengajar yang tepat agar peserta didik dapat menguasai dan memahami konsep materi dan ketrampilan yang dibutuhkan dalam kehidupan. Pada dasarnya berbagai pendekatan model pembelajaran dan strategi­ strategi belajar yang telah dikembangkan dan diterapkan oleh guru memiliki tujuan yang hampir sama yaitu diharapkan dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya. Penelitian yang dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran aktif strategi peer lesson digunakan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran, aktivitas siswa selama pembelajaran, ketuntasan belajar siswa, dan respon siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX-F SMP Negeri Surabaya. Rancangan penelitian ini dengan memberi perlakuan model pembelajaran aktif dengan strategi peer lesson dengan dua kali pertemuan dan satu kali pertemuan untuk tes hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan metode observasi untuk memperoleh data pelaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa, metode tes untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dan angket siswa untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran ini. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh selama pembelajaran, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran termasuk dalam kategori baik, aktivitas siswa selama pembelajaran termasuk dalam kategori aktif, ketuntasan belajar siswa secara klasikal selama pembelajaran juga dalam ketegori tuntas dan respon siswa terhadap pembelajaran aktif strategi peer lesson mendapat respon positif.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Hamdani, A. Saepul
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran aktif; strategi Peer Lesson; materi pokok bangun ruang sisi lengkung
Subjects: Matematika
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2018 04:46
Last Modified: 01 Nov 2018 05:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28223

Actions (login required)

View Item View Item