Penerapan pembelajaran aktif (Active Learning) dengan strategi Synergetic Teaching pada submateri Persegi dan Persegi Panjang di Kelas VIIA MTs Ittaqu Surabaya

Masrifah, Masrifah (2010) Penerapan pembelajaran aktif (Active Learning) dengan strategi Synergetic Teaching pada submateri Persegi dan Persegi Panjang di Kelas VIIA MTs Ittaqu Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Masrifah_D04206068.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28217

Abstract

Tujuan pembelajaran matematika di jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah adalah untuk mempersiapkan siswa agar sanggup menghadapi perubahan keadaan di dalam kehidupan dan di dunia yang selalu berkembang melalui latihan bertindak atas dasar pemikiran secara logis, rasional, kritis, cermat, jujur, efisien, dan efektif. Oleh karena itu siswa seharusnya aktif, karena siswa tidak hanya berperan sebagai subyek didik, tetapi siswa adalah pihak yang merencanakan dan melaksanakan belajar tersebut. Salah satu metode pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif adalah pembelajaran aktif (active learning). Dengan adanya pembelajaran aktif siswa dapat menyelesaikan masalah dengan pengetahuan yang telah mereka miliki dan menerapkan apa yang telah mereka pelajari. Strategi Synergetic Teaching adalah salah satu strategi yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran aktif. Strategi ini adalah suatu perubahan langkah riil yang memungkinkan para siswa untuk saling bertukar informasi. Penclitian yang dilakukan dengan menerapkan aktif (active learning) dengan strategi Synergetic Teaching digunakan untuk mendeskripsikan ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa selama pembelajaran, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan respon siswa terhadap pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di kelas VIIA MTs ITTAQU. Penelitian ini mengacu pada rancangan penelitian menggunakan "one shot case study" dcngan dua kali pembelajaran dan satu kali pertemuan untuk tes. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan metode observasi untuk memperoleh data aktivitas siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, metode tes untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa, dan metode angket untuk mengetahui respon siswa. Berdasarkan analisis data yang diperoleh selama pembelajaran, dapat disimpulkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal berada dalam kategori tuntas, aktivitas siswa selama pembelajaran termasuk dalam kategori aktif, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran juga termasuk dalam kategori baik, respon siswa terhadap pembelajaran aktif (active learning) dengan strategi synergetic teaching juga dalam kategori positif.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Hamdani, A. Saepul
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran aktif; Active Learning; strategi Synergetic Teaching; Persegi Panjang
Subjects: Matematika
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2018 01:31
Last Modified: 24 Oct 2018 01:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28217

Actions (login required)

View Item View Item