Pengaruh pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran fiqih siswa kelas X dan XI di MAN Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zuhri, Awaludin Nayaka (2009) Pengaruh pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran fiqih siswa kelas X dan XI di MAN Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Awaludin Nayaka Zuhri_D01304168.pdf

Download (713kB) | Preview

Abstract

Dengan menggunakan metode penelitian dokumentasi, interview, dan angket, peneliti ingin mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran fiqih. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Surabaya kelas X dan XI dengan mengambil sampel 15 % kemudian melakukan penyebaran angket; selain itu melakukan interview dengan kepala sekolah, guru mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi, guru mata pelajaran fiqih, dan siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data penelitian diperoleh harga koefisien korelasi(r) sebesar -0,253, kemudian untuk menguji signifikansi hasil korelasi digunakan uji t. dengan taraf sifnifikansi 5% dan dk = 44 diperoleh nilai t (0,05)(44) sebesar 0;02. Sedangkan t hitung sebesar -1;740 menyatakan ada hubungan positif atau hubungan searah antara kedua variabel. Dalam arti jika variabel X (pengaruh pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi) turun, maka variabel Y (peningkatan kualitas pembelajaran fiqih siswa kelas X dan XI) juga turun. Maka dapat disimpulkan bahwa t (0 05) (44) > t hitung sehingga hipotesis nol diterima. Jadi tidak ada pengaruh pembelajaran berbasis teknologi infonnasi dan komunikasi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran fiqih siswa kelas X dan XI di MAN Surabaya sebesar 6442% dengan asumsi bahwa variabel lainnya adalah konstan. Dari paparan diatas bisa ditarik simpulan bahwa pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi berjalan cukup efektif sedangkan untuk peningkatm kualitas pembelajaran fiqih siswa juga berjalan cukup efektit: ini bisa dilihat pada hasil angket yang menunjukkan hasil keduanya. Dan menunjukkan tidak adanya pengaruh pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi terbadap peningkatan kualitas pembelajaran fiqih siswa kelas X dan XI di MAN Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zuhri, Awaludin NayakaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Fikih
Komunikasi
Pendidikan > Pembelajaran
Teknologi > Teknologi Informasi
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; teknologi informasi; komunikasi; fiqih
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2018 07:10
Last Modified: 23 Oct 2018 07:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28214

Actions (login required)

View Item View Item