Efektivitas pembelajaran matematika menggunakan media permainan ular tangga pada materi perbandingan di kelas VIII A MTs Nurul Huda Kalanganyar Sedati Sidoarjo

Nailussunah, Ayyuniswin (2010) Efektivitas pembelajaran matematika menggunakan media permainan ular tangga pada materi perbandingan di kelas VIII A MTs Nurul Huda Kalanganyar Sedati Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ayyuniswin Nailussunah_D34205007.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah tidak hanya ditentukan oleh ketepatan strategi guru dalam mentransfer pengetahuannya, tetapi juga ditentukan oleh peran serta aktif dari siswa dalam proses pembelajaran. Agar siswa dapat belajar dengan baik maka tugas guru tidak hanya memberikan sejumlah informasi kepada siswa, tetapi juga harus dapat mengusahakan bagaimana agar konsep yang penting dapat tertanam kuat dalam pemikiran siswa. Pada saat guru mengajarkan suatu materi kepada siswa dapat ditempuh melalui berbagai macam cara, diantaranya secara lisan dan menggunakan media permainan. Dalam penelitian ini permainan yang digunakan adalah ular tangga dengan model pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan pola penelitian one-shot case study. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode tes, dan metode angket. Metode observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, metode tes digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa, dan metode angket digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran. Setelah dilakukan analisis data penelitian maka didapatkan hasil sebagai berikut : aktivitas siswa selama proses pembelajaran dikatakan aktif, dengan merata aktivitas aktifnya sebesar 62.18°/o. Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan baik dengan nilai rerata keseluruhan 3,47. Respon siswa terhadap pembelajaran adalah positif, hal ini dikarenakan prosentase jawaban siswa yang menjawabnya lebih besar daripada yang menjawab tidak dengan prosentase sebesar 89,03%. Sedangkan hasil belajar siswa secara klasikal dinyatakan tuntas dengan prosentase sebesar 90% atau lebih besar dari 75%. Dari empat aspek yang diamati, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media permainan ular tangga dengan model pembelajaran langsung di kelas VII MTs. Nurul Huda Kalanganyar Sedati Sidoarjo dapat dikatakan efektif.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Hamdani, A. Saepul
Uncontrolled Keywords: Efektivitas pembelajaran; media permainan ular tangga; matematika
Subjects: Matematika
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2018 04:46
Last Modified: 23 Oct 2018 04:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28212

Actions (login required)

View Item View Item