Perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD), model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), dan model kooperatif tipe RGSAW

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maslahah, Anisatul (2010) Perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD), model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), dan model kooperatif tipe RGSAW. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anisatul Maslahah_D04206028.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan basil belajar siswa dari tiga kelas setelab menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, TPS, dan Jigsaw. Peneliti tertarik meneliti tiga tipe ini karena dari masing-masing tipe mempunyai perbedaan yang terlihat dengan nyata. Model kooperatif tipe STAD, mempunyai ciri berkelompok dengan cara belajar secara langsung dan memberikan pengbargaan pada tim yang mempunyai kemajuan paling pesat dan berprestasi. Tipe TPS, mempunyai ciri berkelompok tetapi hanya terdiri dari dua orang (berpasangan), sedangkan Jigsaw, membentuk kelompok awal selanjutnya akan membentuk kelompok lagi yang dinamakan kelompok ahli. Dari perbedaan tersebut, peneliti tertarik unruk mengetahui apakah basil belajar dari ketiga kelas tersebut juga berbeda setelah diterapkan masing-masing model pembelajam dengan tipe yang berbeda. Penelitian ini diterapkan pada tiga kelas VIII di MTs Nurul Huda Kalanganyar tahun 2009/2010. Pada masing-masing kelas dilakukan satu tipe dengan pokok bahasan yang sama, yakni mengbitung panjang garis singgung lingkaran. Sampel penelitian ini adalah VIII B, VIII C, dan VIII D. Sampel diambil dengan teknik random sampling (sampel acak). Sedangkan jenis penelitiannya adalah eksperimen semu. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik untuk mengetahui adakah perbedaan basil belajar dari ketiga kelas, dengan melakukan uji ANOVA One Way dan analisis non statistik yang digunakan untuk menganalisis data deskriptif. Penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan respon siswa dengan menggunakan tipe STAD adalah aktif, sangat baik, dan positif •dengan rata-rata basil belajar 81. Hasil dari pembelajaran kooperatif tipe TPS menunjukkan bahwa aktivitas siswa, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan respon siswa adalah aktif, sangat baik, dan positif dengan rata-rata basil belajar 74,75. Untuk tipe Jigsaw, menunjukkan basil aktif, sangat baik, dan siswa merespon positif dengan rata-rata hasil belajar 79. Setelah melakukan analisis data basil belajar, ketiga data berdistribusi normal dan homogen, sehingga uji ANOVA One Way dapat dilakukan dan diperoleh bahwa Fhitung = 0,86 dan penentuan nilai dari daftar diperoleh F,abel = 3,09. Karena Fhitung < F,abel , maka hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan basil belajar siswa setelab melakukan pembelajaran model koperatif STAD, TPS, dan Jigsaw.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maslahah, Anisatul--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; pembelajaran kooperatif tipe STAD; Pembelajaran kooperatif tipe TPS; pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2018 04:19
Last Modified: 23 Oct 2018 04:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28210

Actions (login required)

View Item View Item