Efektivitas penerapan kitab al Nahwu al Wadlih dalam meningkatkan keterampilan membaca di Pondok Pesantren Raudlatul Muta'alimin Babat Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sudiono, Sudiono (2010) Efektivitas penerapan kitab al Nahwu al Wadlih dalam meningkatkan keterampilan membaca di Pondok Pesantren Raudlatul Muta'alimin Babat Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sudiono_D32205003.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan adalah masalah penting dalam kehidupan manusia, karena dengan itulah manusia dapat mencapai taraf hidup yang lebih baik. Salah satu bidang ilmu yang dibutuhkan pada masa sekarang adalah bidang bahasa. Karena pengetahuan berbahasa merupakan suatu kctcrampilan untuk dapat berkomuuikasi dengan masyarakat luas, disamping bahasa inggris dan mandarin, bahasa arab juga memegang peranan penting untuk mengungkapkan khazanah ilmu pengetahuan dan teknologi yang terkandung dalam al qur'an. Namun mempelajari bahasa asing tidaklah semudah mempelajari bahasa ibu. Diperlukan berbagai macam pendekatan, metode dan tehnik yang dapat memudahkan siswa dalam mempelajari bahasa arab, juga menarik dan sesuai dengan tingkat kemampuan siswa sehinggah dapat memotivasi untuk terus mempelajarinya. Adapun pendekatan-pendekatan yang dipakai dalam pembelajaran bahasa arab bertolak dari tiga macam asumsi dasar yaitu behaviroisme, kognitivisme, kontekstual dan quantum. Sedangkan metode-metode yang biasa digunakan adalah metode gramatika­ terjemah, langsung, membaca, audiolingual, komunikatif dan eklektif. Mengenai teknik­teknik pembelajaranya bisa berupa teknik pembelajaran unsur berbahasa, dan teknik pembelajaran kemahiran berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, menulis). Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif eksploratif. Obyek penelitian mengambil populasi siswa pondok pesantren raudlatul muta'alimin Babat Lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sudiono, Sudiono--UNSPECIFIED
Subjects: Keterampilan
Pendidikan
Pesantren
Uncontrolled Keywords: kitab al Nahwu al Wadlih; keterampilan membaca; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2018 03:37
Last Modified: 13 Nov 2018 06:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28209

Actions (login required)

View Item View Item