Analisis konsep pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam dalam perspektif Prof. Dr. H. Muhaimin, M.A. menuju masyarakat madani

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alala, Anna Allaili (2009) Analisis konsep pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam dalam perspektif Prof. Dr. H. Muhaimin, M.A. menuju masyarakat madani. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Anna Allaili Alala_D01205191.pdf

Download (742kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah pengertian pengembangan kurikulum? (2) Bagaimana pengembangan kurikulum PAI dalam perspektif Prof. Dr. H. Muhaimin, M.A?(3) Bagaimana analisis konsep lambangan kurikulum PAI menuju masyarakat madani dan perspektif Prof. Dr. H. Muhaimin, M.A? Pengembangan SDM pada hakikatnya merupakan upaya untuk mengaktualisasikan dan mengembangkan seluruh potensi manusia secara terpadu untuk mencapai kompetensinya sebagai subjek pembangunan sesuai dengan tuntutan zaman. Dalam hal ini disamping SOM dituntut untuk memiliki dan menguasai Iptek serta keterampilan professional agar memasuki jenis kerja. Juga diharapkan memikili sikap mandiri, tugas, wawasan yang luas, berorientasi pada nilai-nilai moral serta bisa berpikir kreatif dan inovatif dalam menghadapi masa depan. Berbicara tentang kurikulum memang tidak pernah ada hentinya, karena ia merupakan segenap pengalaman belajar yang harus dialami dalam proses pendidikan. Sedangkan pengalaman belajar itu sendiri senantiasa mengalami pertempuran selaras dengan perkembangan zaman serta tantangan yang bakal dihadapi dimasa depan. Karena itu kurikulum harus mampu mewadahi kebutuhan-kebutuhan dan tantangan-tantangan tersebut yang desainnya tetap, mempertimbangkan prinsip berkesinambungan, berurutan dan integrasi pengalaman. Atas dasar itu para pakar berusaha memikirkan dan mencarikan berbagai alternative pemecahannya, diantaranya berupa penerapan pengembangan kurikulum berbasis kompetensi (KBK). Apa itu sebenamya KBK itu? Bagaimana konsep pengembangannya? Alternative lainnya, berupa pendidikan life skill. Oleh karena itu skripsi ini juga membahas sekilas tentang konsep kurikulum berbasis life skill. Metode pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah metode documenter. Dan teknik analisa data bersifat deskriptif. Dari penelitian ini metode yang digunakan adalah metode ded ktif, induktif. Dari penelitian pengembangan kurikulum PAI dalam perspektif Prof. Dr. H. Muhaimin, M.A adalah dapat diartikan sebagai (1) kegiatan menghasilkan kurikulum PAI (2) proses yang mengaitkan satu komponen dengan yang lainnya untuk menghasilkan kurikulum PAI yang lebih baik (3) kegiatan penyusunan (desain), pelaksanaan, penilaian, dan penyempurnaan kurikulum PAI.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alala, Anna AllailiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Masyarakat
Pendidikan Islam
Pemikiran
Uncontrolled Keywords: Pengembangan kurikulum; Pendidikan Agama Islam; perspektif Prof.Dr.H.Muhaimin,M.A; masyarakat madani
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2018 07:26
Last Modified: 19 Oct 2018 07:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28202

Actions (login required)

View Item View Item