Pengaruh evaluasi model matching terbadap pengukuran kemampuan kognitif siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP K. Hasyim Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khofiya, Nidaa'an (2009) Pengaruh evaluasi model matching terbadap pengukuran kemampuan kognitif siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP K. Hasyim Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nidaa'an Khofiya_D01205110.pdf

Download (1MB)

Abstract

Evaluasi merupakan suatu penilaian di mana evaluasi ini adalah hasil akhir yang dicapai siswa selama proses pemblejaran berlangsung. Dengan evaluasi, maka guru dapat dengan mudah melihat perubahan peserta didik, apakah peserta didik pada tahun pembelajaran ini mengalami peningkatan atau kemerosotan? Khsusnya pada materi Pendidikan Agama Islam. Dari latar belakang itu muncul rumusan masalah: a. Bagaimana pelaksanaan evaluasi model matching dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP K. Hasyim Surabaya, b. Bagaimana pengukuran kemampuan kognitif siswa di siswa di SMP K. Hasyim Surabay dengan menggunakan evaluasi model matching, c. Adakah pengaruh evaluasi model matching terhadap pengukuran kemampuan kognitif siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP K. Hasyim Surabaya. Penelitian ini dilakukan pada siswa siswi kelas IX SMP K. Haysim dengan pengambilan populasi 47 siswa dengan metode kuantitatif Untuk mendapatkan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan angket serta analisa datanya menggunakan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan evaluasi model matching di SMP K. Hasyim Surabaya berjalan dengan cukup atau sedang yaitu 66% sedangkan pengukura kemampuan kognitif siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam yaitu 51% yang dikategorikan kurang. Hal ini terbukti bahwa hasil analisa data terhadap pengaruh evaluasi model matching terhadap pengukuran kemampuan kognitif siswa dapat diketahui sebagai berikut: hasil perhitungan "r" product moment 0,47 > titik "r" 5% = 0,288, 1% = 0,372. Jadi dalam penelitian ini ada pengaruh evaluasi model matching terhadap pengukuran kemampuan kognitif siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam dikategorikan cukup. Hal ini diketahui setelah dikonsultasikan nilai kerja terhadap interpretasi nilai "r" product moment.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khofiya, Nidaa'anUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Psikologi
Pendidikan > Evaluasi
Uncontrolled Keywords: Pengaruh evaluasi; model matching; pengukuran kemampuan kognitif; bidang studi Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2018 03:41
Last Modified: 19 Oct 2018 03:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28200

Actions (login required)

View Item View Item