Pengaruh komite sekolah terhadap peningkatan bakat siswa pada bidang studi al-Qur’an Hadits di MIN Malang 1

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sulistyawati, Khurin In (2009) Pengaruh komite sekolah terhadap peningkatan bakat siswa pada bidang studi al-Qur’an Hadits di MIN Malang 1. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khurin In Sulistyawati_D01304243.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan untuk semua orang, dalam dunia modern sekolah telah menjadi satu pranata sosial yang berpengaruh cukup besar untuk meningkatkan mutu swnber daya manusia serta mentransformasikan budaya dari satu generasi ke generasi berikutnya. Sekolah merupakan lembaga pendidikan bersama-sama dengan keluarga dan masyarakat yang diharapkan dapat menjadi institusi-institusi yang akan menceta.k manusia sesuai dengan amanat yang telah ditentukan. Untuk mencapai suatu tujuan dalam pendidikan diharapkan saling bekerja sama antara keluarga, sekolah dan masyarakat. Karena keberhasilan seorang anak di sekolah tidak terlepas dari tiga unsur tersebut. Untuk mempersatukan ketiga unsur tersebut diperlukan sebuah wahana integrasi atau pemersatu antara keluarga, sekolah dan masyarakat yang disebut dengan komite sekolah yaitu Badan Mandiri yang mewadahi peran serta masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu, pemerataan, dan efisiensi pengelolaan pendidikan disatuan pendidik memandang bahwa komite sekolah sangat diperlukan mengingat adanya sistem Managemen Berbasis Sekolah (MBS) yang menuntut lebih peran serta masyarakat tidak hanya sebagai penggalang dana yang dikenal selama ini, tetapi lebih dalam hal meningkatkan mutu atau bakat anak didik. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: I) Bagaimana implementasi Komite Sekolah dalam meningkatkan bakat siswa di MIN I Malang, 2) Bagaimana bakat si .wa di MIN I Malang, dan 3) Adakah pengaruh Komite Sekolah terhadap peningkatan bakat siswa pada bidang studi Al-Qur'an Hadits di MIN I Malang. Dan tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana implementasi Komite Sekolah dalam meningkatkan bakat siswa di MIN I Malang. 2) Untuk mengetahui bakat siswa di MIN I Malang, dan 3) Untuk mengetahui adakah pengaruh Komite Sekolah terhadap peningkatan bakat siswa pada bidang studi AI­ Qur'an Hadits di MIN 1 Malang. Penelitian ini dilakukan di MIN MALANG 1 jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, yang menggunakan korelasi productmoment, yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIN tvfalang I dan sampel yang diambil hanya kelas V­ E yang berjumlah 20 siswa atau 10% dari jumlah seluruhnya, penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Selain itu hasil analisis tentang pengaruh komite sckolah terhadap peningkatan bakat siswa pada bidang studi al-Qur'an Hadits di MIN Malang I ini diperoleh nilai r xy. sebesar 0,089 yang terletak diantara 0,000-0,200 yang berarri terdapat korelasi •meskipun sangat rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengaruh komite sekolah terh2d .p peningkatan bakat siswa pada bidang studi al-Qur'an hadits adalah cukup berpengaruh.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sulistyawati, Khurin InUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Al Qur'an
Hadis
Manajemen dan organisasi sekolah
Uncontrolled Keywords: Komite sekolah; peningkatan bakat; bidang studi al-Qur’an Hadits
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2018 03:03
Last Modified: 19 Oct 2018 03:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28199

Actions (login required)

View Item View Item