Efektifitas strategi matrix ingatan dalam meningkatkan pemahaman siswa pada bidang study Fiqih di MI Darul Faizin Assalafiyah Catak Gayam Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faridah, Nur (2009) Efektifitas strategi matrix ingatan dalam meningkatkan pemahaman siswa pada bidang study Fiqih di MI Darul Faizin Assalafiyah Catak Gayam Jombang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nur Faridah_D31304002.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya materi yang harus disampaikan pada bidang studi fiqih, sedangkan waktu serta strategi yang digunakan masih bersifat konvensional. Hal lain yang melatarbelakangi penulisan skripsi ini adalah kurangnya nilai pemahaman siswa secara menyeluruh, mayoritas hanya sebatas kemampuan kognitif saja Padahal fiqih merupakan bidang studi yang menjadi fondasi bagi pelaksanaan ibadah siswa. Oleh karena itu penulis berupaya unruk melakukan inovasi dalam bidang strategi dalam hal ini eksperimen pelaksanaan strategi matrix ingatan pada materi binatang halal guna untuk meningkatkan pemahaman siswa. Strategi matrix ingatan merupakan strategi yang menggunakan disiplin baris clan kolometrix yang datanya terkait antara satu dengan lainnya untuk mendefinisikan atau mengklasifikasikan data dengan tepat dan urut Strategi inijuga digunakan untuk mengevaluasi daya ingat siswa serta menilai keatkapan siswa mengorganisir informasi ke dalam kategori-kategori tertentu untuk membentuk suatu pemahaman. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan strategi Matrix ingatan di MI Darul Faizin Assalafiyah Jombang, 2) Bagaimana pemahaman Anak didi dan 3) Bagaimana Efektivilas penerapan strategi Matrix ingatan dalam meningkatkan pemahaman anak didik. Dan tujuan dari penelitian ini adalah:l Untuk mendeskripsikan penerapan strategi Matrix ingatan, 2) Untuk mengetahui pemahaman peserta didik dan 3) Untuk mengetahui Efek:tifitas strategi Matrix ingatan dalam meningkatkan pemahaman anak didik. Penelitian ini dilakukan di MI Darul Faizin Assalafiyah Catak Gayam Jombang, jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan design Pre Test dan Post Test Control Group Design. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah kelas VA dan VB MI Darul Faizin Assalafiyah Catak Gayam Jombang dengan mengg1makan teknik purposive sampling. Analisis data yang digim8kan adalah statistik non parametik dan lebih jelasnya menggunakan uji Wilcoxon, teknik ini digunakan karena sampel berjumlah kurang dari 30. Berdasarkan analisis penerapan strategi mattix ingatan dapat dilihat dari kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran matrix ingatan selama dua kali pertemuan adalah sangat baik yaitu dengan nilai rata-mta 3,24 selain itu hasil analisis penguasaan siswa terhadap materi binatang halal tagolong sangat baik karena
mengalami pellingkatan pada tiga aspek test.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faridah, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Fikih
Manajemen Strategi
Pendidikan > Pendidikan Materi
Uncontrolled Keywords: Strategi matrix; pemahaman siswa; bidang study Fiqih
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2018 08:00
Last Modified: 18 Oct 2018 08:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28196

Actions (login required)

View Item View Item