Pengembangan instrumen penilaian diri pada sikap sosial untuk Pembelajaran Berbasis Masalah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 48 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muawwan, Khoirul Anam (2018) Pengembangan instrumen penilaian diri pada sikap sosial untuk Pembelajaran Berbasis Masalah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 48 Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Khoirul Anam Muawwan_F03214019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penilaian diri dan pembelajaran berbasis masalah sejatinya saling berhubungan karena implementasi penilaian diri dalam pembelajaran berbasis masalah memerlukan interaksi sosial peserta didik dalam memecahkan masalah yang diajukan. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab dua rumusan masalah, yakni: pertama, bagaimana desain pengembangan instrumen penilaian diri pada sikap sosial untuk pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 48 Surabaya; dan kedua, bagaimana implementasinya? Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan R&D (riset dan pengembangan). Pendekatan ini meniscayakan dua tahapan, yaitu perencanaan dan uji coba. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi instrumen. Selanjutnya, untuk mendukung tahapan metode agar memperoleh hasil yang komprehensif, maka proses analisis data menggunakan beberapa kombinasi teknik, yaitu analisis kualitatif, kepraktisan instrumen dan reliabilitas. Hasil penelitian ini menyatakan desain instrumen penilaian untuk pembelajaran agama Islam berbasis masalah dikembangkan secara garis besar melalui 2 tahapan. Tahap pertama yaitu perencanaan instrumen penilaian diri sampai instrumen tersebut siap digunakan. Dan tahap kedua adalah tahap uji coba langsung kepada peserta didik dengan menggunakan instrument penilaian diri berdasarkan tingkatan afektif Taksonomi Bloom edisi revisi. Implementasi penilaian diri dalam pembelajaran berbasis masalah menghasilkan kevalidan, kepraktisan dan reliabel. Bukti kevalidannya adalah berdasarkan penilaian pakar ditunjukkan bahwa indeks validitasnya adalah 3,8. Jika dibandingkan dengan tabel interpretasi rata-rata total validitas maka skor 3,62 berada pada kategori sangat valid. Kepraktisannya, dibuktikan dengan hasil analisis kepraktisan yang menunjukkan nilai 84 s/d 85%, yaitu melebihi ambang batas 80% sebagai patokan kepraktisan. Terakhir, bukti reliabilitasnya ditunjukkan oleh indeks reliabilitas sebesar 0,91 yang menggunakan uji reliabilitas Alpha Cronbach.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muawwan, Khoirul Anamawwan07@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Evaluasi
Pendidikan > Evaluasi
Uncontrolled Keywords: Pengembangan instrumen penilaian diri; sikap sosial; pembelajaran berbasis masalah
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muawwan Khoirul Anam
Date Deposited: 19 Oct 2018 01:56
Last Modified: 19 Oct 2018 01:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28191

Actions (login required)

View Item View Item