Tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan Hak dan Kewajiban Suami Istri: studi kasus tentang Penyandang Cacat Mental di Desa Kupang Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rokhmanita, Fatonatu (2010) Tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan Hak dan Kewajiban Suami Istri: studi kasus tentang Penyandang Cacat Mental di Desa Kupang Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatonatu Rokhmanita_C01206059.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28185

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan. Penelitian ini bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana pelaksanaan hak dan kewajiban suami istri dalam perkawinan bagi penyandang cacat mental di Desa Kupang Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto? dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan hak dan kewajiban suami istri dalam perkawinan bagi penyandang cacat mental di Desa Kupang Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto ? Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pemikiran deduktif yaitu mengemukakan data yang bersifat umum menjadi khusus tentang hak dan kewajiban suami istri dalam perkawinan bagi penyandang cacat mental. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa menurut perspektif hukum Islam, hak dan kewajiban suami istri dalam sebuah institut kekeluargaan adalah sesuatu yang tidak boleh diabaikan, karena itu adalah merupakan salah satu perintah dari Allah SWT di dalam Al-Qur' an. Akan tetapi orang yang tidak mengerti hukum, maka orang tersebut tidak ada hukumnya. Sejalan dengan kesimpulan di atas, diharapkan kepada masyarakat umum, khususnya masyarakat Desa Kupang Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto maupun tokoh agama dan tokoh masyarakat supaya memberikan penyuluhan, pemasukan dan pengarahan terhadap perkawinan penyandang cacat mental tersebut agar mereka tidak merasa dikucilkan oleh masyarakat luas..

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rokhmanita, Fatonatu--UNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam > Keluarga Berencana
Keluarga > Keluarga Islam
Penyandang Cacat
Keywords: Hak dan Kewajiban Suami Istri; Penyandang Cacat Mental
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2018 04:26
Last Modified: 18 Oct 2018 04:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28185

Actions (login required)

View Item View Item