Inabah: jalan kembali dari Narkoba, Stres dan Kehampaan Jiwa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aqib, Kharisudin (2012) Inabah: jalan kembali dari Narkoba, Stres dan Kehampaan Jiwa. PT. Bina Ilmu, Surabaya. ISBN 709-602-9449-67-9

[img]
Preview
Text
Kharisudin Aqib_Inabah Jalan Kembali dari Narkoba, Stres dan Kehampaan Jiwa.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Dalam buku ini saya akan membahas permasalahan seputar teori-teori ilmu tarekat; keberadaan Tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah, terutama di Suryalaya Tasikmalaya, tepatnya tentang pondok Inabah; konsep tentang jiwa (nafs) dan pembersihan jiwa (tazkiyat al-nafsi) dalam Tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah dan permasalahan hubungan antara konsep tasawuf tazkiyatun nafsi dengan proses penyadaran diri. Tujuannya, selain untuk menguraikan keilmiahan pemakaian tazkiyatun nafsi sebagai metode penyadaran diri, juga menjelaskan konsep Tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah tentang jiwa Manusia dan cara pembersihan penyakit-penyakitnya serta untuk mengetahui hubungan antara tazkiyatun nafsi dengan proses penyadaran diri. Saya berharap buku ini bisa memberikan kontribusi yang berharga untuk pengembangan ilmu pengetahuan, terutama di bidang tasawuf. Jika penelitian ini dapat mengungkapkan landasan-landasan teori yang komprehensif tentang tazkiyatun nafsi dan korelasinya dengan proses penyadaran diri, maka kiranya metode yang dipergunakan dalam tarekat ini dapat disosialisasikan sebagai sebuah metode penyadaran diri yang terbuka. Saya berharap buku ini dapat dijadikan sebagai ajakan (dakwah) untuk kembali kepada agama dengan pendekatan sufistik sebagai pola hidup umat manusia, khususnya dalam rangka untuk mencapai kebahagiaan (ketenangan jiwa) dalam menghadapi cobaan hidup di era modern milenium ketiga. Selain itu hasil penelitian yang terungkap dalam buku ini dapat juga dijadikan sebagai jembatan antara bahasa agama (tasawuf dengan bahasa ilmu pengetahuan (psikologi) yang bisa mempersempit dikotomi antara agama dengan iptek.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Book
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aqib, Kharisudinkharisuddinaqib@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Doa dan Zikir
Narkotika
Tasawuf
Uncontrolled Keywords: Narkoba; Stres; Kehampaan Jiwa
Divisions: Karya Ilmiah > Buku
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2018 08:23
Last Modified: 17 Oct 2018 08:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28179

Actions (login required)

View Item View Item